Angkasa Pura 2

Kapal Tilongkabila Kelebihan Muatan Diduga Akibat Kelalaian Pelni Dan Travel

DermagaRabu, 15 Juni 2016
IMG-20160615-WA0022

MAKASSAR (BeritaTrans.com) – Kantor Kesyahandaran Utama Makassar, Sulawesi Selatan, menginvestigasi perkara kelebihan penumpang kapal Pelni, KM Tilongkabila.

“Kami memanggil pihak Pelni Cabang Makassar dan pihak travel. Pihak Pelni mengakui lalai. Demikian halnya dengan pihak travel, mengakui menjual tiket dengan jumlah di luar ketentuan,” ungkap Syahbandar Makassar, Marwansyah, kepada BeritaTrans.com dan tabloid mingguan BeritaTrans, Rabu (15/6/2016).

Terlepas dari penyebab perkara tersebut, dia mengutarakan Pelni harus menurunkan sebagian penumpang sampai jumlahnya memenuhi keselamatan pelayaran.

Dalam menangani perkara tersebut, Marwansyah mengutarakan bekerjasama dengan Polres Pelabuhan Makassar, termasuk dalam memutuskan penumpang yang harus diturunkan.

Dengan kerjasama yang juga melibatkan pihak TNI AL itu, dia menegaskan maka dapat dihindari kemungkinan-kemungkinan munculnya gangguan keamanan di pelabuhan.

Sebelumnya, Marwansyah mengungkapkan kapal tujuan Labuanbajo dan Bima, yang sedianya berangkat Rabu (15/6/2016), jam 12.00, tersebut mengangkut 2.561 penumpang. Setelah mendapatkan dispensasi sampai 60 persen, total jumlah penumpang itu masih kelebihan 910 orang, termasuk 126 bayi. (awe).

loading...