Angkasa Pura 2

Ini Dia Perairan dengan Potensi Gelombang Tinggi Menurut BMKG

DermagaKamis, 16 Juni 2016
Gelombang_Tinggi_1

JAKARTA (beritatrans.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi dalam dua hari ke depan akan terjadi gelombang tinggi hingga mencapai 4 – 6 meter di beberapa perairan Indonesia.

Kondisi itu akibat adanya peningkatan kecepatan angin timuran di sebagian besar wilayah perairan Indonesia, seperti Laut Jawa, Laut Flores, Laut Banda, Laut Arafuru dan Perairan selatan Jawa.

Selain itu adanya pusat tekanan rendah di Laut Andaman dan di Samudera Hindia barat daya Lampung juga menjadi faktor pemicu tingginya gelombang laut sekitar Samudera Hindia barat Sumatera dan selatan Jawa.

Berikut beberapa wilayah perairan yang berpotensi bergelombang tinggi menurut BMKG sesuai keterangan resminya yang diterima beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans di Jakarta, Kamis (16/6/2016):

Tinggi Gelombang 1.25 – 2.5 m (Moderate Sea):
Selat Malaka bagian utara; Perairan Kep. Mentawai – Padang; Laut Jawa bagian timur; Selat Makassar bagian selatan; Laut Flores; Laut Banda; Perairan Kep. Kai dan Aru; Laut Arafuru; serta Laut Timor.

Tinggi Gelombang 2.5 – 4.0 m (Rough Sea):
Perairan utara dan barat Aceh; Perairan Kep. Nias; Perairan barat Lampung; Selat Sunda bagian selatan; serta Perairan selatan Jawa hingga NTT.

Tinggi Gelombang 4.0 – 6.0 m (Very Rough Sea):
Laut Andaman; Perairan barat Kep. Mentawai; Perairan Kep. Enggano – Bengkulu; Samudera Hindia barat, Bengkulu hingga Lampung. (aliy)

loading...