Angkasa Pura 2

Antisipasi Lebaran, ASDP Merak Tambah 35 Loket Penjualan Tiket

DermagaSabtu, 18 Juni 2016
IMG_20160617_225059_edit

MERAK (beritatrans.com) – Penanganan dan pelayanan penumpang kapal penyeberangan pada Angkutan Lebaran 2016 di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten mengalami perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan musim Angkutan Lebaran tahun 2016 lalu.

“Tahun ini ada yang baru di Pelabuhan Penyeberangan Merak. Jumlah loket tiket penumpang di perbanyak hingga 35 loket, flow chart arus penumpang diperbaiki, dan perubahan yang paling signifikan adalah membuka loket tiket di res area jalan tol Jakarta – Merak,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perhubungan Ir. Sugihardjo, M.Sc, saat melakukan peninjauan kesiapan Pelabuhan Merak dalam menghadapi Agkutan Mudik Lebaran 2016/1437 H, Jumat (17/6/2016) tengah malam.

Sekjen Sugihardjo mengatakan, penambahan loket tiket di rest area KM 43 dan KM 68 itu untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada calon penumpang kapal penyeberangan. Selain itu, diharapkan dapat mengurai penumpukan penumpang di pelabuhan dan dapat mengontrol manifest penumpang kapal lebih baik.

“Setelah saya lihat lokasinya (rest area), tempatnya cukup representatif. Areanya luas, ada mushola, mini market, toilet, relatif bersih dan nyaman,” kata Sugihardjo.

Sugihardjo berharap, keberadaan loket tiket di dua rest area tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat yang hendak mudik. Sebab, mereka yang membeli tiket di rest aera bisa langsung masuk ke kapal melalui jalur khusus yang disediakan oleh PT ASDP.

“Jadi mereka tidak perlu antre lagi di pelabuhan. Tinggal menukarkan billing atau struk pembelian dengan tiket elektronik dan langsung bisa menuju ke kapal di dermaga 1, 2, dan 3,” katanya.

Sedangkan untuk arus baliknya, lanjut Sugihardjo, masyarakat dapat membeli tiket di rest area yang ada di daerah Kalianda, Lampung. Sehingga mereka pun tidak harus antre di loket pelabuhan.

“Lebih enak beli tiket di rest area karena bisa sambil istirahat ataupun shalat,” tutur Sugihardjo.

Kepala Cabang PT ASDP Indonesia Ferry Merak Tommy Kaunang menjelaskan, selama Angkutan Lebaran 2016 ini pihakya menyediakan 35 loket tiket di pelabuhan, termasuk 3 loket tiket di rest area KM 43 dan 3 loket tiket di KM 68.

Menurutnya, penambahan 35 loket tersebut terdiri dari 15 loket penumpang, 12 loket sepeda motor dan 8 loket kendaraan roda empat.

“Diharapkan penambahan loket tiket ini dapat mempercepat pelayanan kami terhadap penumpang,” katanya. (aliy)

loading...