Angkasa Pura 2

Roadshow RITJ, Kepala BPTJ Targetkan Pengguna Angkutan Umum 60 Persen

KoridorSabtu, 18 Juni 2016
IMG-20160617-WA026


BOGOR (beritatrans.com) – Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Elly Adriani Sinaga melaksanakan roadshow Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ). Bogor menjadi kota pertama yang disambanginya.

Bertemu Walikota Bogor, Arya Bima, diuraikan bahwa RITJ akan diproyeksikan sebagai dasar pembangunan sistem terintegritas di Jabodetabek‎ dan akan dijadikan Peraturan Presiden (Perpres).
IMG-20160617-WA025
“Bila transportasi umum se-Jabodetabek terintegrasi‎, diharapkan akan menarik minat pengguna kendaraan pribadi baik pengguna roda empat ataupun roda dua beralih ke angkutan umum.  Angkutan umum akan lebih efisien, mudah, dan tersambung satu sama lain,” j‎elas Elly akhir pekan dalam keterangan resmi yang diterima beritatrans.com, Sabtu (18/6/2016).

Dengan penerapan RITJ, pemerintah melalui BPTJ menurut Elly menargetkan pengguna angkutan umum mencapai 60%. Saat ini pengguna angkutan umum masih di kisaran 15% dan sisanya sebesar 85% masih gunakan mobil dan sepeda motor.

‎”Waktu tempuh dari pinggir jakarta diharapkan hanya 30 menit dengan angkutan umum di jalur ekspress dan maksimal 1.5 jam untuk angkutan umum pada jalur reguler, bila RITJ sudah diterapkan,” imbuh Elly.

Selain itu, dalam pertemuan dengan Walikota Bogor, Elly menyampaikan bahwa target ‎cakupan pelayanan angkutan umum diharapkan 80% dari panjang jalan.

Untuk itu perlu dibuat berbagai fasilitas penghubung dan dibuatkan jalur untuk perpindahan penumpang dari satu moda ke moda lain. Jalur tersebut diharapkan maksimal 500 meter dari satu moda ke moda lain.‎

“‎‎Jadi nanti setiap daerah, termasuk kota Bogor diharapkan ada angkutan umum untuk penumpang yang terintegrasi melalui satu simpul,” kata Elly. (omy)