Angkasa Pura 2

Bandara Hang Nadim Batam Siap Layani Arus Mudik Lebaran 2016

Bandara KokpitMinggu, 19 Juni 2016
Bandara Hang Nadim Batam

BATAM (BeritaTrans.com) – Manajemen Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, mengklaim siap menerima dan melayani arus mudik Lebaran 2016. Tercatat ada dua maskapai sudah mengajukan penerbangan tambahan (extra flight), Garuda Indonesia dan Batik Air untuk menghadapi lonjakan penumpang musim mudik Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah.

“Garuda dan Batik sudah mengajukan tambahan penerbangan ke pusat untuk rute Batam. Saat ini kami masih menunggu pemberitahuannya ke kami tambahan tersebut ke mana saja,” kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso di Batam, Sabtu (18/6/2016).

Menurutnya, Garuda Indonesia memiliki lima kali penerbangan Batam-Soekarno Hatta dan masing-masing satu kali Batam-Medan dan Batam-Lampung. Sementara, Batik Air memiliki rute penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta-Batam dua kali sehari dan Halim Perdanakusuma-Batam satu kali sehari.

“Kami masih menunggu kepastiannya. Biasanya dua minggu sebelum Lebaran sudah disampaikan pada kami. Untuk Garuda kalau tidak salah tambahan diberlakukan pada 1,3,5 Juli nanti,” kata Suwarso lagi.

Suwarso memperkirakan, jika ada maskapai yang mengajukan penerbangan tambahan akan efektif berlaku mulai H-6 Lebaran saat pemudik mulai meningkat signifikan hingga beberapa hari setelah Lebaran.

“Pada H-6 biasanya jumlah penumpang sudah melonjak sehingga jadwal reguler yang ada tidak mampu lagi melayaninnya,” kata Suwarso seperti dikutip antaranews.com.

Bandara Internasional Hang Nadim pada hari biasa melayani sekitar 120 kali penerbangan perhari baik domestik maupun internasional dengan rata-rata penumpang 14.500-15.000 orang.

Memasuki pekan kedua Ramadhan, jumlah penumpang perhari rata-rata masih diatas 16.000 orang. Angka tersebut masih diatas rata-rata normal mengingat anak-anak sekolah sudah mulai libur.

“Antara yang datang dan yang berangkat rata-rata hampir sama. Untuk puncak mudik nanti perkiraan diatas 20.000 penumpang,” tegas Suwarso.(helmi)