Angkasa Pura 2

Tol Cigatas Akan Hubungkan Jawa Barat ke Jawa Tengah dan Yogyakarta

Ekonomi & Bisnis KoridorMinggu, 19 Juni 2016
Gerbang tol cileunyi

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menuturkan Jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya atau Tol Cigatas diproyeksikan akan tersambung hingga jaringan Jalan Tol di daerah Cilacap, Jawa Tengah hingga ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Hasil rapat koordinasi antara BPJT, Kementerian PUPR dan Bina Marga Jabar, salah satu kesimpulan sementara ini bahwa Jalan Tol Cigatas ini Akan langsung ke Ciamis, Banjar, total sekitar 100 km. Di mana merupakan program lanjutan nantinya Banjar, Cilacap sampai ke Yogyakarta,” kata Iwa Karniwa di Bandung, Jawa Barat, kemarin.

Pembangunan jalan tol Cigatas ini diharapkan mampu meningkatkan dan memperlancar arus distribusi barang dan penumpang terutama di ruas antara Bandung ke sejumlah kota di jalur selatan Jawa Barat, seperti Garut dan Tasikmalaya. Pada akhirnya nanti, tol Cigatas akan menghubungkan dengan daerah-daerah di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Seperti dikutip okezone, Iwa mengatakan saat ini ada tiga alternatif trase sementara untuk Tol Cigatas yang akan dibahas oleh PT Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat.

“Jadi masing-masing trase itu, mempunyai kekurangan dan kelebihan yang mana akan di bahas di tingkat teknis. Dan kemarin Kepala BPJT menunjuk staf-nya. Untuk melakukan pendetailan terhadap tiga alternatif tersebut sampai kepada titik ordinat trase,” tegas iwa.(hel/okz)