Angkasa Pura 2

Cek VTS Di Pelabuhan Panjang, Dirjen Tonny: Tegur Nakhoda Bila AIS Tak Berfungsi

DermagaRabu, 22 Juni 2016
2016-06-22 13.40.07

PANJANG (BeritaTrans.com) – Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut (Hubla), A Tonny Budiono, memeriksa kesiapan navigasi pelayaran dalam memberikan dukungan secara optimal keselamatan pelayaran penyelenggaraan angkutan Lebaran.

Salah satu fasilitas pelayanan kenavigasian yang ditinjau Dirjen Tonny A Budiono adalah Vessel Traffic Service (VTS) di Pelabuhan Panjang, Lampung, yang merupakan pelayanan kontrol lalu lintas kapal di perairan panjang.

Didampingi Direktur Kenavigasian Bambang Wiyanto, Direktur Perkapalan dan Kepelautan Sugeng Wibowo, serta Kepala Distrik Navigasi Tanjung Priok Ali Malawat,Tonny memeriksa dengan teliti berbagai peralatan IT canggih di tower VTS tersebut, Rabu (22/6/2016).

IMG-20160622-WA0002

Kepada petugas VTS, yang dikelola Distrik Navigasi Tanjung Priok, Tonny meminta agar bekerja dengan penuh pengabdian dan dedikasi, etos kerja tinggi. “Fasilitas VTS ini harus beroperasi optimal selama 24 jam penuh,” tegas dirjen.

Kesiapsiagaan tersebut, dia mengutarakan semakin dibutuhkan saat kegiatan angkutan Lebaran. “Dengan frekwensi kapal dan jumlah penumpang lebih banyak, maka fasilitas kenavigasian dan SDM yang mengoperasikan dan merawatnya harus lebih optimal bekerja,” tuturnya.

Tonny mengingatkan aparatur kenavigasian bekerja dengan tugas pokok dan fungsi membantu keselamatan pelayaran. “Dalam kaitan ini maka tugas harus dijalankan dengan tegas,” ujarnya.

Salah satu ketegasan yang harus ditegakkan dalam bertugas adalah menegur nakhoda apabila AIS (automatic identification system) kapal tidak berfungsi. “Tanyakan kepada nakhoda, melalui radio atau media komunikasi lainnya, mengapa AIS tidak aktif,” cetus dirjen.

Teguran, dia menegaskan juga diberikan kepada nakhoda bila tidak menyampaikan informasi yang wajib diberikan kepada VTS. “Dalam konteks menjunjung aspek keselamatan pelayaran, maka petugas VTS harus lebih tegas lagi dalam bekerja,” tegas Tonny.

2016-06-22 12.20.58

PERIKSA KESEHATAN
Dalam kunjungan ke VTS di Pelabuhan Panjang tersebut, Dirjen Hubla memerintahkan petugas Kesehatan Pelabuhan untuk memeriksa kesehatan personel di VTS.

Ternyata secara umum kondisi kesehatan petugas VTS tergolong baik. Kalaupun ada seorang pegawai yang kurang fit kesehatannya, Dr. Quroto Nur’aini mengutarakan karena terlalu semangat bekerja sehungga kelelahan. “Pegawai VT ini secara umum sehat dan fit untuk bekerja,” ujar dokter dari RS Pelabuhan Panjang itu. (awe).