Angkasa Pura 2

Dirjen Hubla Pimpin Uji Petik KM Mutiara Sentosa III

DermagaRabu, 22 Juni 2016
2016-06-22 13.41.40

LAMPUNG (beritatrans.com) – Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Antonius Tonny Budiono, didampingi Direktur Perkapalan dan Kepelautan Sugebg Wibowo serta Direktur Kenavigasian Bambang Wiyanto, melakukan uji petik terhadap kapal Mutiara ‎Sentosa III di Pelabuhan Panjang, Lampung.

Tonny memeriksa kelengkapan kapal yang akan dioperasikan untuk rute Lampung-Jakarta, mulai dari sarana dan prasarana kapal yang dibangun tahun 1991 itu.

“Secara keseluruhan, kapal ini lulus uji kelayakan, hanya ada catatan-catatan kecil saja yang dapat segera dipenuhi,” jelas Tonny di Lampung, Rabu (22/6/2016).

Catatan kecil tersebut di antaranya pemasangan tanda pada beberapa tempat, seperti ruang menyusui, informasi kebersihan dan lainnya.

Tonny menyebutkan, agar informasi dan peragaan keselamatan juga selalu diterapkan kepada penumpang sebelum keberangkatan kapal.

IMG_20160622_112716IMG_20160622_115047
“Kalau perlu dibuatkan videonya, agar lebih memudahkan penumpang untuk melihat dengan lebih jelas lagi,” ungkap Tonny.

Untuk antisipasi bila terjadi kebakaran, hidrant saat digunakan bisa berfungsi. Hanya saja menurut Tonny, harus lebih sering diujicoba agar lebih mudah saat penggunaannya.

“Sebelumnya kapal ini juga sudah di ramp check, dan saya menegaskan kembali untuk melihat langsung kondisi kapal dan ternyata memang sudah layak dan lulus uji,” imbuh Tonny.

Tonny menambahkan bahwa uji petik terhadap kapal dilakukan bukan sekadar menjelang angkutan Lebaran saja, namun setiap kapal akan berlayar, harus lulus uji.

“Semuanya dicek dan kita tidak main-main dengan keselamatan, harus diutamakan,” kata Tonny. (omy)