Angkasa Pura 2

Dirjen Tonny Resmikan Pengoperasian Trayek Kapal Roro Lampung-Jakarta

Another NewsRabu, 22 Juni 2016
IMG_20160622_155226

LAMPUNG (beritatrans.com) – Menjelang angkutan Lebaran 2016, Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan A. Tonny Budiono meresmikan trayek tetap dan teratur rute Panjang (Lampung)- Tanjung Priok (Jakarta).

Dengan diresmikannya trayek yang dioperasikan oleh PT Atosim Lampung Pelayaran (APL), maka menurut Dirjen Laut, akan mampu mengurangi beban jalan sepanjang Jawa-Sumatera karena sebagian dialihkan menggunakan kapal Roro.

“Pengoperasian kapal Roro, bagian dari turut mendukung menyukseskan tol laut dan short shipping,” kata Tonny di Pelabuhan Panjang, Lampung, Rabu (22/6/2016).

PT APL mengoperasikan tiga kapal motor yakni KM Mutiara Sentosa II, KM Mutiara Sentosa III, dan KM Mutiara Timur I dengan frekuensi tiga kali dari Lampung dan tiga kali dari Jakarta setiap harinya.

Salah satu kapal yakni KM Mutiara Sentosa III, memiliki kapasitas angkut hingga 260 kendaraan besar dan kecil dan 750 penumpang. Lama pelayaran delapan jam sehingga penumpang juga bisa beristirahat sampai tiba di tujuan.

“Diharapkan dengan pengoperasian kapal Roro ini, akan mampu menjadi solusi dalam penanganan permasalahan kepadatan jalur transportasi darat khususnya di Pantura dan lintas timur Sumatera,” imbuh Tonny.

Selain itu juga akan dapat menekan waktu perjalanan dan efisiensi biaya, menurunkan biaya logistik, serta dapat mengurangi beban jalan raya yang semakin tinggi.

Peresmian trayek turut dihadiri Wakil Gubernur Lampung, Bahtiar Basri. Dengan diresmikan kapal Roro ini menurut Bahtiar akan memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat Lampung pada umumnya.

“Semoga pengoperasiannya dapat berjalan lancar dan banyak memberikan manfaat bagi masyarakat luas dan provinsi Lampung,” kata Bahtiar. (omy)