Angkasa Pura 2

Dirjen Udara Ramp Check Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta

KokpitRabu, 22 Juni 2016
Sriwijaya Air_beritatrans

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktur Jenderal Perhubungan Udara Suprasetyo didampingi Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (KUPPU) Mohamad Alwi melakukan pemeriksaan kelaikan pesawat terbang atau ramp check di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Rabu (22/6/2016).

Ramp check yang dilakukan di Terminal 2F dan Terminal 1C ini selain merupakan pemeriksaan rutin, juga sebagai upaya untuk mengetahui kesiapan pesawat udara dalam menghadapi mudik Lebaran 2016/1437 H.

Pengecekan di Terminal 2F dilakukan terhadap pesawat Garuda Indonesia. Sedangkan di Terminal I Dirjen Suprasetyo dan Direktur KUPPU Moh Alwi memeriksa sejumlah pesawat milik maskapai swasta seperti Batik Air dan Sriwijaya Air.

Hampir semua bagian pesawat diperiksa secara teliti. Mulai dari bagian luar seperti badan pesawat, ban depan dan belakang, mesin, tekanan udara atau suspensi, baling-baling, dan sistem aerodinamis.

Sedangkan pemeriksaan di dalam kabin dilakukan pada Log Book atau aircraft maintanance log (AML). Log Book merupakan bagian yang paling penting karena mencatat seluruh kejadian disaat melakukan penerbangan.

Dirjen Suprasetyo juga sempat memeriksa bagian kokpit pesawat. (aliy)

loading...