Angkasa Pura 2

BPPTL Tutup Dua Diklat Transportasi Laut Pada Semester I Tahun 2016

SDMKamis, 23 Juni 2016
Arifin BPPTL4

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BPPTL) Jakarta berhasil menyelesaikan dua program diklat menjelang akhir semester I tahun 2016 ini. Sampai bulan Juni 2016, Kampus BPPTL telah menyelenggarakan 26 jenis diklat, dengan peserta mencapai ratusan orang dari pusat dan daerah.

Dua diklat itu ditutup oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut (Kapusbang SDM Perhubungan Laut) BPSDM Perhubungan Capt. Arifin Soenardjo, M.Hum di dampingi Kepala BPPTL Dr.Capt. Mashudi Rofik, M.Mar, M.Sc.

Penutupan diklat dilakukan di Aula BPPTL Jakarta, masing-masing Selasa (21/6/2016) untuk Diklat Teknis Terpadu Bidang Perhubungan Laut (TTBPL) Angkatan 4. Dengan jumlah peserta 27 orang dari berbagai daerah di Tanah Air, dengan lama diklat 35 hari kerja.

Berikutnya Rabu (22/6/2016), BPPTL kembali dilakukan penutupan Diklat Dasar Bintara KPLP Angkatan 5. Diklat ini diikuti 28 orang dari Direktorat KPLP Ditjen Perhubungan Laut. Sedang, proses diklat digelar selama 42 hari kerja.

Arifin BPPTL3

“Kedua jenis diklat itu digelar di Kampus BPPTL Jakarta Selatan, dengan tenaga dosen dan instruktur yang berpengalaman di bidangnya,” kata Kepala BPPT Capt. Mashudi Rafik, M.Mar menjawab BeritaTrans.com di Jakarta, Kamis (23/6/2016).

“Seluruh teori diklat diberikan di dalam kampus. Sedang praktek kerja lapangan (PKL) dilakukan di luar kampus, masing-masung di KSOP Manado untuk Diklat TTBPL. Sementara, PKL untuk Diklat Bintara KPLP dilakukan di UPP Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat.

Penutupan kedua jenis diklat di BPPTL Jakarta itu sekaligus mengakhiri masa diklat sebelum libur panjang Lebaran tahun 2016. “Saat ini sudah tak ada diklat lagi, sampai selesai libur Lebaran mendatang. Yang jelas, penutupan diklat transportasi laut itu bisa dilakukan dan selesai tepat waktu,” jelas Capt. Rofik.

Diklat fungsional di BPPTL ini kebanyakan pesertanya adalah calon pejabat atau pejabat di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut. Oleh karena itu, tenaga dosen dan instruktur di BPPTL terus dijaga dan ditingkatkan kualitasnya.

“Mereka rata-rata mantan peluat atau mantan pejabat karier yang sudah matang dan menguasai bidang keahliannya,” sebut Capt. Rofik.

Arifin bpptl2

Amalkan Ilmu dan Pengalaman

Dalam sambutannya, Kapusbang SDM Perhubungan Laut Capt. Arifin Soenardjo mengatakan, seluruh peserta diklat di BPPTL dinyatakan lulus dengan nilai baik dan memuaskan. “Kini saat kalian mengamalkan dan mengaplikasikan kemampuan dan keahlian kalian di tempat kerja masing-masing,” kata dia.

Mantan Ketua STIP Jakarta itu menambahkan, dinamika dunia usaha khususnya di sektor transportasi laut terus berkembang dinamis. Apalagi ditunjang dengan kemajuan ilmu pengetahuan (iptek) di bidang maritim yang sangat luar biasa dan semua harus bisa diantisipasi dengan baik.

Arifin - peserta diklat Bpptl

“Kalian sebagai SDM profesional di bidang transportasi laut, sekaligus alumni diklat BPPTL Jakarta harus membuktikan kalian adalah SDM yang profesional dan layak menjadi pemimpin di masa depan. Selama jalan dan kembali ke tempat tugas dan buktikan Anda bisa,” tegas Capt.Arifin.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari