Angkasa Pura 2

Pimpin Apel Siaga, Menhub Jonan: Tugas Dari Presiden Jokowi Adalah Menghilangkan Kemacetan Selama Arus Mudik 2016

IMG_20160624_081742_edit

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memimpin Apel Siaga Angkutan Lebaran Terpadu 2016 yang dilanjutkan pembukaan Posko Angkutan Lebaran Nasional 2016.

Apel Siaga dilakukan di halaman Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (24/6/2016. Apel ini diikuti seluruh perwakilan pemerintah terkait, serta operator transportasi baik swasta atau BUMN.

Dalam apel yang dimulai tepat jam 08.00 juga dihadiri seluruh pejabat eselon I Kemenhub, seperti Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto, Dirjen Perhubungan Laut A.Tonny Budiono, Dirjen Perhubungan Udara Suprasetyo, Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, dan Kepala BPTJ Elly A.Sinaga.

Dalam amanatnya, Menhub Jonan mengaku Kementerian Perhubungan mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo terkait Angkutan Lebaran 2016 adalah untuk menghilangkan kemacetan.

“Tugas Presiden Jokowi berat kepada Kementerian Perhubungan, yaitu menghilangkan kemacetan selama perjalanan arus mudik Lebaran 2016,” aku Menhub di depan anak buah dan para tamunya itu.

“Ini tugas berat dan butuh kerja sama berbagai pihak. Untuk moda transportasi darat, tentunya Dirjen Perhubungan Darat dengan Korplantas Polri harus bisa bersinergi dengan berbagai pihak lainnya,” kata Menhub.

“Saya (Kementerian Perhubungan) mohon dukungan dari Korplantas Polri bisa bekerja sama dengan baik. Kita juga akan mendukung dan minta Dirjen Hubdat dan Pemprov/ Pemkab siap bahu-membahu menghilangkan kemacetan,” tandas Menhub Jonan.

Tugas kedua dari Presiden Jokowi, menurut Menhub adalah meningkatkan keselamatan selama arus mudik, dari H-7 sampai H+Z Lebaran.

“Pengalaman tahun lalu, selama arus mudik Lebaran, jumlah korban meninggal dunia lebih dari 700 orang. Semuanya terjadi di jalan raya,” kata Menhub Jonan mengingatkan.

Meski diakui, papar Menhub, walaupun tak ada Operasi Lebaran biasanya korban meninggal dunia di jalan raya rata-rata lebih banyak.

“Ini memang tugas berat kita semua. Tak cukup hanya Kemenhunb atau Korplantas Polri saja. Kita harus mencoba mengurangi jumlah korban akibat laka lantas,” tandas Menhub.

IMG_20160624_082403_edit

Lepas Tim Lapangan

Dalam rangkaian Apel Siaga Angkutan Lebaran 2016, Menhub Jonan didampingi Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto dan seluruh pejabat eselon I Kemenhub dan tamu undangan, melepas Tim Lapangan Arus Mudik Lebaran 2016.

Tim lapangan ini terdiri dari berbagai instansi terkait seperti Korplantas Polri, Jasa Raharja, Jasa Marga, Senkom Polri dan lainnya.

Termasuk tim teknisi bengkel dari berbagai ATPM terkemuka di Tanah Air. “Mereka akan turun ke lapangan dan ditempatkan di titik-titik rawan di sepanjang jalur mudik Lebaran 2016,” tegas Menhub Jonan.(helmi)