Angkasa Pura 2

Arus Mudik Naik 2%, Terminal Bus Giwangan Siapkan 840 Bus Cadangan

KoridorMinggu, 26 Juni 2016
Terminal-Bus

YOGYKARTA (BeritaTrans.com) – Kepala UPT Terminal Giwangan Yogyakarta, Bekti Zunanta mengatakan pemudik yang melalui Terminal Giwangan tahun 2016 ini diprediksi meningkat dibanding tahun lalu. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, telah disiapkan bus tambahan sebanyak 840 unit bus.

“Diperkirakan meningkat sekitar 2 persen. Puncak arus mudik akan terjadi pada H-3, diperkirakan sekitar 33 ribu penumpang yang datang,” kata Bekti di Terminal Giwangan Yogyakarta, Sabtu (25/6/2016).

Dikatakan, pengelola Terminal bus Giwangan, Yogyakarta pun mulai bersiap melayani pemudik. Setiap musim mudik, puluhan ribu orang mudik melalui terminal terbesar di DIY tersebut.

Bus tambahan yang disiapkan sebanyak 840 unit bus pariwisata berkoordinasi dengan Organda. Saat ini bus reguler yang beroperasi di antaranya 980 AKAP, 400 AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) dan 380 angkutan perkotaan.

Para pemudik kebanyakan datang dari arah Jakarta, Surabaya, Bandung dan Sumatera. Pada saat puncak arus mudik, bus-bus biasanya terlambat sekitar 2-3 jam karena terjebak macet di perjalanan.

Peningkatan arus mudik diantaranya karena banyak masyarakat yang mengikuti program mudik gratis dari Kemenhub yang turun di terminal Giwangan. Karena dinilai berhasil, kuota mudik gratis dari Kemenhub untuk Yogya ditambah 2 kali lipat. “Peminatnya cukup banyak, dari Klaten, Magelang turunnya juga di Yogya,” tegas Bekti.(hel/dtc)