Angkasa Pura 2

Pasca Integrasi Jalan Tol, Melaju Di Ruas Tol Jakarta-Brebes Timur Cukup 4,5 Jam

KoridorMinggu, 26 Juni 2016
Tol-brebes-timur

BREBES (BeritaTrans.com) – Waktu tempuh antara dari Jakarta menuju Brebes melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Brebes Timur kini semakin cepat. Hanya dalam waktu 4,5 jam, sudah bisa melaju sampai ke keluar exit tol Brebes Timur, Jawa Tengah. Dengan asumsi, perjalanan normal dan tidak terjadi kemacetan yang sangat tinggi.

Cepatnya perjalanan dari Jakarta sampai Brebes Timur, karena mulai dintegrasikannya pembayaran tol dari Jakarta sampai ruas jalan pantura Jawa Tengah itu. Pengguna jalan tol tidak harus berhenti dan membayar tiket tol berkali-kali. Kini tinggal tiga titik, masing-masing Cikarang Utama untuk mengambil kartu tol, dan baru membayar di Palimanan dan atau Brebes Timur. Waktu perjalanan kian hemat, yaitu 4,5 jam dengan nilai total transaksi Rp165.000.

Perjalanan dan pemantauan BeritaTrans.com bersama tim pemantau arus mudik di pantura Tegal, Jumat (24/6/2016), laju kendaraan masih relatif lancar. Meski diakui, sudah mulai banyak kendaraan pemudik dengan bagasi diatas cap mobil. Tapi, secara umum perjalanan arus mudik di jalur pantura Jawa masih aman sampai H-11 Lebaran kemarin.

Pengguna mengambil tiket tol di GT Cikarang Utama, lalu berhenti di GT Palimanan untuk membayar tarif tol Klaster I Jakarta-Cikopo-Palimanan senilai Rp 109.500 (tarif Gol-1 Rp 13.500 + Rp 96.000) sekaligus mengambil tiket Klaster 2, dan berhenti GT Brebes Timur untuk membayar tarif tol Klaster 2 Palimanan-Kanci-Pejagan-Brebes Timur senilai Rp 55.500.

Jadi total tarif yang harus dibayar pengguna untuk melintasi Jakarta-Brebes Timur sebesar Rp 165.000. Pantauan di lapangan, antrean kendaraan menjelang GT Palimanan sekitar 300 meter. Banyak pemudik yang masih melakukan transaksi secara tunai, namun tak sedikit pula yang membayar dengan skema e-payment atau kartu elektronik.

Setelah membayar dan sekaligus mengambil tiket di GT Palimanan, melanjutkan perjalanan ke Brebes Timur dengan satu kali transaksi di GT Brebes Timur dengan nilai Rp 55.500.

Sistem pembayaran terintegrasi ini merupakan bagian dari langkah awal pelaksanaan peta jalan Electronic Toll Collection jalan tol di Indonesia, menuju diterapkannya pembayaran secara free flow (tanpa henti) dalam beberapa tahun ke depan.

Bergelombang dan Miskin Penerangan

Satu hal yang perlu diperhatikan dan pengguna jalan khususnya warga yang akan pulang mudik, hendaknya berhati-hati. Beberapa ruas tol jalannya masih bergelombang dan miskin penerangan. Ruas jalan antara Kanci-Pejagan kondisi jalan bervariasi, dan masih bergelombang, terutama ruas jalan antara Kanci Cirebon, sampai exit tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah.

Kondisi tersebut tentu tidak nyaman, jika tak hati-hati bisa membahayakan pengguna jalan itu sendiri. Masalah lain, banyak ruas jalan yang belum dilengkapi lampu penerangan jalan yang cukup memadahi. Bagi para pemula atau mereka yang sudah lama tidak melintas di jalur pantura khususnya ruas tol menuju Brebes Timur untuk lebih berhati-hati.

Khusus ruas jalan tol dari Pejagang sampai Brebes Timur, kondisi jalan masih bagus dan mulus. Jalan tol itu masih relatif baru, karena baru dibuka menjelang bulan Ramadhan 1437 H lalu. Apalagi, volume kendaraan yang melintas belum terlalu signifikan naik.

Tapi, pengguna jalan harus tetap hati-hati, tertutama jika melintas di petang atau malam hari. Hampir sebagain ebsar ruas tol terbaru di pantura Jawa Tengah itu masih sangat gelap di malam hari, karena belum ada lampu penerangan jalan yang cukup.(helmi)