Angkasa Pura 2

Pelindo III Sediakan Bus Gratis untuk 5.600 Pemudik ‎Kapal Laut

DermagaMinggu, 26 Juni 2016
images(73)

SURABAYA (beritatrans.com) – ‎Tiba di pelabuhan dan kesulitan memeroleh angkutan umum? Kini tak lagi, karena tersedia bus gratis bagi pemudik kapal laut yang turun di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur dan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah.

Ya, ‎PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) kembali menggelar mudik bersama yang dikhususkan bagi para penumpang kapal laut. Tahun 2016 ini kembali diselenggarakan setelah tahun 2015 lalu sukses menyelenggarakan kegiatan serupa yang bertajuk “Yuk Pulang Kampung! – Mudik Gratis Bareng Pelindo III”. 

Edi Priyanto, Kepala Humas Pelindo III mengungkapkan, tak kurang dari lima ribu orang akan diantar Pelindo III mudik langsung ke kampung halamannya.

“Lebih dari 5.600 orang pemudik kapal laut dari Pulau Kalimantan yang berangkat dari Pelabuhan Kumai, Sampit, Banjarmasin, Pontianak, dan Balikpapan serta dari Pulau Sulawesi yang berangkat dari Pelabuhan Makassar akan “diantar” langsung oleh Pelindo III dari Pelabuhan tujuan mudik,” tutur Edi dalam keterangan resminya, Minggu (26/6/2016).

Edi mengemukakan, Pelindo III akan menyediakan bus gratis pada dua pelabuhan tersebut, selama tujuh hari berturut-turut sejak H-7 hingga H-1 sebelum Hari Raya Idul Fitri 1437 H atau mulai 28 Juni hingga 5 Juli 2016.

“U‎ntuk bus keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, setiap hari akan tersedia 10 unit bus yang akan melayani empat rute ke sejumlah kota di  Jawa Timur,” kata Edi.‎

Rute tersebut diantaranya Pasuruan-Probolinggo-Lumajang-Jember, Mojokerto-Jombang-Ngajuk-Madiun, Kediri-Tulungagung-Trenggalek, dan Lamongan-Bojonegoro-Cepu.‎

Kemudian, untuk bus keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang tersedia enam unit bus yang akan melayani empat rute menuju kota  Jawa Tengah. Rute tersebut diantaranya Demak-Kudus-Pati, Temanggung-Wonosobo, Solo-Yogyakarta, dan rute pantura yang menuju Kendal-Pekalongan-Pemalang. 

“Seluruh peserta Mudik Gratis Bareng Pelindo III dilindungi oleh asuransi yang ditanggung seluruhnya oleh Pelindo III,” imbuh Edi.

Pemudik dapat langsung mendaftarkan diri begitu tiba di Pelabuhan kedatangan pada loket pelayanan mudik gratis dengan menunjukkan tiket kapal dan bukti identitas diri.

Program yang diprakarsai oleh Pelindo III tersebut dalam pelaksanannya menggandeng BUMN lain yaitu PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) selaku operator kapal penumpang dan Perum Damri untuk menyediakan armada bus. (omy)