Angkasa Pura 2

Sekjen Kemenhub dan Dirjen Hubla Ke Pelabuhan Semayang Balikpapan Periksa Kelaikan Kapal Penumpang

DermagaMinggu, 26 Juni 2016
Sekjen dan Dirjen Hubla

BALIKPAPAN (BeritaTrans.com) – Target Kementerian Perhubungan untuk menyelenggarakan angkutan Lebaran 2016 dengan zero accident bukan hanya isapan jempol belaka. Seluruh potensi dan kekuatan dikerahkan untuk turun ke lapangan untuk memastikan semua kendaraan yang dioperasikan untuk angkutan umum tetap dalam kondisi prima.

Oleh karena itu, ramp check atau pemeriksaan terhadap kelaikan terhadap sarana dan prasarana angkutan umum dilakukan secara menyeluruh. Pemeriksaan bukan hanya dilakukan di Jawa, tetapi juga ke sejumlah pelabuhan di Kalimantan Timur.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenhub Sugiharjo dan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Kemenhub Toni Budiono dan Direktur Kenavigasian Bambang Wiyanto turun langsung ke dua pelabuhan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (26/6/2016).

Kapal-kapal yang menjadi sasaran pemeriksaan pihak Kemenhub di Balikpapan adalah kapal di Pelabuhan Penyeberangan Kariangau dan Pelabuhan Semayang. Pelabuhan Semayang Balikpapan menjadi salah satu pelabuhan yang akan terjadi lonjakan arus penumpang, baik selama arus mudik atau balik Lebaran 2016 mendatang.

IMG-20160626-WA0024

Pengecekan kesiapan kapal dan pelabuhan, pihak Kemenhub melakukan tes urine terhadap nakhoda kapal. Kemenhub tidak melakukan uji kelayakan kapal secara random, tetapi menyeluruh. Hal tersebut merupakan instruksi langsung dari Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Periksa Seluruh Moda

Kemenhub memeriksa sejumlah moda transportasi lain, mulai dari bus, kereta, dan pesawat. Sampai Minggu (19/6/2016), di sektor transportasi darat, tercatat 2.100 bus antar-kota antar-provinsi (AKAP) sudah diperiksa.

Sementara itu, di sektor transportasi laut, pihak Kemenhub sudah memeriksa 1.065 kapal dari total 1.230 kapal yang ada. Hingga tanggal tersebut, 988 kapal dinyatakan layak operasi. Sementara itu, sisanya sedang diperbaiki.

IMG-20160626-WA0019

Sektor transportasi udara, pihak Kemenhub sudah memeriksa semua pesawat angkutan Lebaran sebanyak 526 pesawat. Adapun pada sektor perkeretaapian, 96 persen lokomotif dan 81 persen kereta diesel sudah diperiksa.(dar/komp)

loading...