Angkasa Pura 2

Sidak ke Balikpapan, Dirut Pelni Temukan Tiket Palsu Di Tangan Konsumen

DermagaSenin, 27 Juni 2016
Elfien Goentoro 2_edit

BALIKPAPAN (BeritaTrans.com) – PT Pelayaran Indonesia (Pelni) masih menemukan tiket kapal palsu yang dijual oleh para agen tiket dan kini sudah beredar di tangan konsumen calon penumpang kapal laut. Padahal, manajemen BUMN pelayaran itu mengklaim sudah bekrja profesional, dan memberikan persyaratan ketat kepada mitra-mitranya agen penjualan tiket di Tanah Air.

Faktanya, “tiket palsu” masih banyak beredar di masyarakat, termasuk pada maa angkutan mudik Lebaran 2016 ini. Kasus tiket palsu ini ditemukan langsung oleh Direktur Utama Pelni Elfien Goentoro saat meninjau kesiapan mudik Lebaran di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Tadi siang saya turun ke pelabuhan. Dan saya cek ke tempat tiket check-in itu memang setelah saya tungguin, ketemu satu (tiket palsu),” ujar Elfien di Balikpapan, Minggu (26/6/2016) malam.

Seperti diketahui, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Ir. Sugihardjo bersama Dirjen Perhubungan Laut didampingi Dirut PT Pelni Elfien Guntoro melakukan inspeksi mendadak (sidak), ke Pelabuhan Semayang, Balikpapan Kalimantan Timur Mingggu, petang.

Mereka meninjau langsung pelaksanaan angkutan Lebaran tahun 2016. Dalam kunjungan tersebut kedua pejabat Kemenhub itu memeriksa beberapa kapal penumpang yang tengah sandar di Pelabuhan Semayang dan siap mengangkut pemudik ke berbagai daerah di Indonesia.

Usai mendapati penumpang yang membawa tiket palsu, Pelni tidak tinggal diam. BUMN kapal tersebut langsung memanggil agen tiket yang memberikan tiket palsu ke penumpang.

“Sudah diurus. Agen itu kita panggil, tanda tangan, dan mereka berjanji tidak akan mengeluarkan tiket palsu, atau tiket yang tidak sesuai dengan prosedur,” kata Elfien seperti dikutip kompas.com.

Ia juga mengatakan bahwa Pelni tidak akan kompromi apabila agen tersebut masih membuat tiket palsu. “Kalau ketemu (tiket palsu lagi), harus tutup (usaha agen tersebut),” tegas Elfien.(zal/komp)

loading...