Angkasa Pura 2

Taruna STTD Berkunjung Dan Dialog Dengan Wakil Ketua KNKT

Koridor SDMSelasa, 28 Juni 2016
Sttd knkt

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Taruna tingkat 3 jurusan D-IV Transportasi Darat (Transdar) Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), Rabu (22/6/2016) melakukan kunjungan ke Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Jakarta. Usai paparan dari pimpinan KNKT, dilanjutkan tanya jawab dan dialog dengan para taruna prodi Transdar STTD itu.

Kunjungan tersebut dalam rangka belajar lebih dalam menyangkut salah satu mata kuliah, yaitu Manajemen Keselamatan Transportasi Darat. Dalam kunjungan tersebut, para taruna didampingi oleh dosen mata kuliah Manajemen Keselamatan Transportasi. Drs.M.Nurhadi, MT,MM yang juga Kabag Adminitrasi Akademik dan Ketarunaan STTD Bekasi, Jawa Barat.

Seluruh taruna STTD disambut dengan sangat baik oleh Wakil Ketua KNKT, Bapak Haryo. Dia didampingi pejabat KNKT lainnya, termasuk para investigator KNKT subkomite transportasi darat.

Dalam kunjungan tersebut, para Taruna mendapat kesempatan penjelasan langsung dari Wakil Ketua KNKT Haryo mengenai apa itu KNKT dan tupoksinya. Selain itu juga menyampaikan kasus-kasus terbaru yang tengah ditangani dan dilakukan investigasi oleh KNKT.

Acara dilanjutkan paparan dari Kepala Bidang LLAJ, Prof. Leksmono yang menjelaskan lebih detail tentang keselamatan angkutan jalan. Dan terakhir, presentasi dari Suprapto selaku Kepala Bidang Perkeretaapian mengenai penanganan langsung tim investigator saat terjadi kecelakaan .

Seperti diketahui, Pak Haryo dan Pak Suprapto merupakan alumni terbaik dari Kampus STTD. “Saya merasa muda lagi dan teringat waktu saya menjadi Taruna lagi”, ujar Haryo bersemangat.

Suasana menjadi lebih akrab dan terjadi dialog dua arah yang sangat positif. Para taruna berebut mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan mata kuliah Manajemen Keselamatan Transportasi.

Setelah sesi tanya jawab selesai, taruna juga diperkenankan untuk melihat laboratorium KNKT secara bergantian. Di dalam laboratorium tersebut, taruna melihat dokumen-dokumen, video simulasi kecelakaan yang pernah ditangani atau diteliti oleh KNKT. Selain itu juga alat-alat yang membantu investigator dalam menemukan penyebab dari suatu kecelakaan yang pernah terjadi.

Dan akhirnya, kunjungan tersebut ditutup secara hangat oleh Haryo dengan memberikan motivasi kepada seluruh taruna untuk selalu bersemangat, meningkatkan prestasi dan jangan takut untuk menghadapi dunia luar yang semakin ketat persaingannya.

Pertemuan taruna STTD dengan jajaran KNKT diakhiri dengan foto bersama seluruh taruna dengan Wakil Ketua KNKT beserta jajarannya.
Pada kesempatan itu, Haryo sempat berbincang dengan salah satu taruni STTD seraya berpesan untuk kebaikan di masa mendatang.

“Belajar yang serius di STTD. Kalau sudah lulus nanti, saya tunggu untuk menjadi salah satu investigator perempuan di KNKT,” tegas Haryo. (meyrissa pd/helmi)

loading...