Angkasa Pura 2

Urine Puluhan Pengemudi Bus AKAP Diperiksa Di Terminal Tanjung Priok

KoridorSelasa, 28 Juni 2016
images (4)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Puluhan sopir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Terminal Bus Tanjung Priok mengikuti tes urine yang diadakan oleh Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara bersama Polres Metro Jakarta Utara dan Sudin Kesehatan Jakarta Utara, Selasa (28/6).

Pemeriksaan tes urine tersebut dimaksudkan untuk meminimalisir tingkat kecelakaan selama arus mudik dan arus balik libur lebaran, yang dimulai pada Jumat (1/7) hingga Minggu (10/7) bagi pengemudi bus yang biasa melayani jurusan dari Terminal Bus Tanjung Priok menuju berbagai kota di Pulau Jawa.

Kepala BNN Kota Jakarta Utara, AKBP Yuanita Amelia Sari‎, mengatakan, dari pemeriksaan terhadap 30 sopir bus hingga Pukul 11.00 WIB, belum ada sopir yang dinyatakan positif menggunakan narkotika.

“Kegiatan ini kita laksanakan untuk memastikan tidak ada ‎sopir yang menggunakan narkotika jenis apapun juga, sehingga saat menjalankan tugasnya mereka tidak sampai membahayakan nyawa penumpang yang menggunakan armada bus mereka untuk mudik ke kampung halamannya,” ujar Yuanita, Selasa (28/6) siang di area tunggu bus AKAP Terminal Bus Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Yaunita mengungkapkan, pihaknya menargetkan ‎200 sopir bus setiap harinya akan mengikuti test urine yang diadakan selama beberapa hari kedepan hingga akhir Juni 2016 ini.

“Hasilnya pemeriksaan test urine ini cukup cepat,‎ tidak sampai 10 menit hasil pemeriksaan dapat diketahui oleh para sopir dan anggota kami. Jadi, para sopir tidak sampai terganggu dalam menjalankan tugasnya,” ‎tambahnya.

Ia menambahkan, bagi sopir yang nantinya ditemukan positif menggunakan narkotika jenis apapun, maka akan diberikan surat rekomendasi ke Perusahaan Otobus (PO)-nya agar sopir yang bersangkutan dibebastugaskan selama arus mudik dan arus balik lebaran 2016.

“Ke depannya kita akan melakukan pemeriksaan seperti ini secara rutin dan akan dilakukan di tiga lokasi terminal sekaligus, yakni Terminal Bus Tanjung Priok, Terminal Bus Muara Angke, dan Terminal Bus Tanah Merdeka,” lanjut Yuanita.

Sementara itu, Kepala Terminal Bus Tanjung Priok, Hilman, mengatakan kerja sama operasi sidak test urine tersebut merupakan kali pertama melibatkan satuan narkoba Polres Metro Jakarta Utara.

“Sebelumnya kita hanya bekerja sama dengan Sudin Kesehatan dan BNNK Jakarta Utara, semoga kerja sama yang baik ini bisa kita tingkatkan di waktu yang akan datang supaya keselamatan penumpang dan pengemudi benar-benar bisa terjaga selama musim libur lebaran ini,” kata Hilman.

Ia juga menyebutkan pemeriksaan kesehatan akan dilakukan secara rutin selama libur lebaran, yakni dari H-12 sampai H+10 sehingga kondisi sopir bus AKAP terutama yang tujuan jarak jauh ke Jawa Tengah dan Jawa Timur bisa tercapai.

“‎Selain melakukan test kesehatan dan kerja sama operasi test narkoba urine, kami juga melakukan pemeriksaan dan inspeksi kendaraan kepada seluruh armada bus yang ada di Terminal Bus Tanjung Priok dan yang lulus kita berikan stiker bahwa bus itu sudah lulus ramp check,” tandasnya. (lia).

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari