Angkasa Pura 2

Cuaca Buruk Di Ternate, Batik Air Dan Sriwijaya Air Alihkan Pendaratan Ke Manado

Bandara KokpitRabu, 29 Juni 2016
IMG_20160409_065723

TERNATE (BeritaTrans.com) – Akibat cuaca buruk, beberapa maskapai penerbangan tak bisa mendarat di Bandar Udara (Bandara) Sultan Babullah, Ternate, Maluku Utara. Pedaratan akhirnya dialihkan ke Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara.

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Sultan Babullah Ternate, Anung mengatakan, terdapat dua maskapai penerbangan yakni Sriwijaya Air dan Batik Air tidak bisa mendarat. Selain itu, ada juga yang ditunda keberangkatannya ke Ternate.

“Sebab tadi jarak pandangnya hanya 1 kilometer. Jadi dalam standar keselamatan penerbangan yang telah ditetapkan maka penerbangan ada yang kami alihkan dan tunda,” kata Anung seperti dikutip okezone, Rabu (29/6/2016)

Ia menegaskan, tidak ada kompensasi terhadap maskapai tertentu, sebab kondisi tersebut merupakan kejadian alam yang sulit untuk diprediksi.

“Dalam aturan yang ditetapkan pemerintah, khususnya jasa pengangkut maskapai nomor 89, airlines tidak dikenakan jasa pengangkut, karena ini bukan kesalahan airlines tetapi kondisi alam. Jadi tidak ada kompensasi,” terangnya.

Sejauh ini, lanjutnya, komunikasi antara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dengan Air Navigasi (Navigasi Udara) terus dilakukan. Jika jarang pandang sudah memungkinkan maka pesawat dipersilakan mendarat kembali di Bandara Babullah. (lia).