Angkasa Pura 2

LMS Siapkan  Inisiatif  Perlancar Arus Lalu Lintas di Tol Cipali‎

KoridorRabu, 29 Juni 2016
IMG-20160507-WA036

JAKARTA (beritatrans.com) – Menghadapi lonjakan volume lalu lintas di musim Mudik Lebaran 2016, PT Lintas Marga Sedaya (LMS), selaku perator jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) melakukan sejumlah inisiatif untuk meningkatkan kenyamanan pengguna tol Cipali.
 
Menurut Wakil Direktur LMS Hudaya Arryanto, setelah menyelesaikan perluasan gerbang tol Palimanan dengan menambah jumlah gardu pembayaran dari 11 menjadi 26 gardu. Pihaknya juga menyediakan fasilitas pembayaran elektronik yang dapat dilayani oleh empat bank (BCA, Mandiri, BRI, dan BNI).

“LMS terus melanjutkan upaya untuk mempercepat transaksi pembayaran di gerbang tol Cipali,” jelas Hudaya dalam keterangan resmi yang diterima beritatrans.com, Rabu (29/6/2016).‎
 
Dua inisiatif percepatan transaksi tol yang akan dilakukan LMS, menurut Hudaya, ditujukan untuk kendaraan Golongan I (mobil pribadi dan bus) yang merupakan pengguna mayoritas di saat mudik lebaran, dan akan berlaku pada saat puncak arus mudik 1-5 Juli 2016.

“I‎nisiatif pertama adalah pembulatan tarif tol ke bawah, khusus untuk pembayaran secara tunai di Gerbang Tol Palimanan untuk kendaraan Golongan I dengan asal perjalanan dari Gerbang Tol Cikarang Utama,” urai Hudaya.‎
 ‎
Tarif tol kendaraan Golongan I dengan asal-tujuan Cikarang Utama – Palimanan yang normalnya adalah Rp109.500 akan dibulatkan ke bawah menjadi Rp108.000. 

“Dengan pembulatan tarif ini waktu transaksi dapat dipercepat karena tidak diperlukan penanganan koin Rp500,” imbuh Hudaya.‎
 
Inisiatif kedua adalah penjualan voucher tol prabayar yang juga ditujukan bagi kendaraan Golongan I dengan asal-tujuan Cikarang Utama – Palimanan. Voucher dengan nilai pembulatan Rp108.000 ini dapat dibeli di semua Rest Area Tol Cipali arah Palimanan (KM 86, KM 102, KM 130, KM 166), di Rest Area Tol Jakarta-Cikampek KM 57, serta dapat juga dibeli menjelang gerbang Tol Palimanan. 

“Petugas “jemput kendaraan” di gerbang Palimanan akan melakukan penjualan voucher ini disamping menyediakan layanan penukaran uang kecil sehingga transaksi akan lebih efisien waktu,” kata Hudaya.
 
Tak hanya itu saja, selama musim mudik Lebaran, LMS dikatakan Hudaya, juga menambah fasilitas untuk peningkatan aspek keselamatan, antara lain memasang wire rope di daerah tikungan untuk mencegah terjadinya kendaraan pindah jalur/arah. Memasang penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya di beberapa lokasi untuk melengkapi PJU konvensional yang telah terpasang sebelumnya sesuai aturan desain jalan tol.
 
“Kami juga telah menambah pasokan air bersih serta menambah kapasitas tanki penyimpanan air di rest area type B (kecil) hingga lima kali lipat. Fasilitas toilet umum juga ditambah untuk mengantisipasi banyaknya pengguna rest area dan juga menambah kapasitas parkir kendaraan. 

“Penambahan fasilitas ini dilakukan agar masyarakat dapat menggunakan jalan tol Cipali dengan aman dan nyaman saat perjalanan mudik,” ujar Hudaya. (omy)

loading...