Angkasa Pura 2

Kenaikan Arus Lalu Lintas di Gerbang Tol Cikarang Utama Baru Dua Persen

KoridorJumat, 1 Juli 2016
IMG_20160701_100922

CIKARANG (beritatrans.com) – ‎ Pada H-5 Lebaran, kenaikan arus lalu lintas yang melalui gerbang tol Cikarang Utama baru dua persen. Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto Iskandar mengemukakan, diprediksi dua hari lagi volume kendaraan baru akan terlihat lebih padat.

“Sekarang baru sekitar dua persen dari kondisi normal. Waktu libur yang cukup juga bisa mengurai kepadatan, diprediksi H-3 puncak arus mudiknya,” ujar Pudji di sela-sela pantauan arus lalu lintas mudik di Cikarang, Jumat (1/7/2016).

Saat ini, menurut Pudji, masih banyak bus-bus angkutan mudik gratis dibandingkan angkutan umum dan pribadi yang ‘menguasai’ jalan. Namun begitu, semalam sempat terjadi kepadatan lalu lintas.

“‎Untuk saat ini di pintu tol Cikarang Utama masih normal. Kalau sudah terjadi kepadatan maka akan dilakukan juga rekayasa lalin bila diperlukan,” kata Pudji.

‎Kabid Manajemen Operasional Rekayasa Lalin, Kombes Dartyo J menambahkan rekayasa lalin seperti contra flow, akan dilakukan situasional di lapangan.

“Nanti bagaimana tergantung tingkat kepadatan arus lalin. Kalau sudah benar-benar crowded dan tidak bisa dikendalikan, misal hingga lima kilometer, maka akan diberlakukan pengalihan arus dan contra flow,” ungkap Darto.

Untuk saat ini, menurut Darto, kepadatan kelihatan baru muncul di Brebes Timur. Di sana sudah diterapkan contra flow 3-1. Mulai Brebes Timur, sampai ke Slawi. 

“Sementara baru di sana karena itu untuk menampung arus lalu lintas yang tadi malam sempat sedikit padat, sehingga berekor di Brebes Timur,” kata Darto.‎

Untuk yang sekarang ini terlihat, situasi masih normal lancar. Jadi seperti tadi yang sudah disampaikan Pak Dirjen, mungkin kelihatannya beberapa hari ke depan, baru akan terjadi kepadatan. (omy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari