Angkasa Pura 2

Pantauan Balitbang Kemenhub: Pintu Tol Palimanan Arah Brebes Pukul 17.00 WIB Terpantau Masih Normal

LitbangJumat, 1 Juli 2016
IMG_20160701_163130_edit

PALIMANAN (beritatrans.com) – Pintu Tol Palimanan, Cirebon, pukul 17.00 WIB terpantau masih normal. Arus kendaraan dari arah Jakarta menuju ke Jawa Tengah dan sekitarnya masih lancar. Bahkan kecepatan kendaraan dari Jakarta menuju Palimanan masih bisa dipacu lebih dari 100 KM per jam.

Beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans memantau langsung kondisi lalu lintas di pintu tol Palimanan bersama tim monitoring dari Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Transportasi Darat dan Perkeretaapian Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan, Jumat (1/7/2016).

IMG_20160701_165718_edit

Berdasarkan pantauan, kemacetan justru terjadi dari arah timur menuju Jakarta. Penyebabnya karena dari 17 pintu tol Palimanan, yang disediakan untuk melayani arus kendaraan dari arah timur hanya dua pintu tol. Sehingga kemacetan cukup panjang. Nyaris 2 kilometer dari mulut pintu tol Palimanan ke arah timur.

Pengamat transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Darmaningtyas menilai, kejadian itu tampaknya akibat salah perhitungan petugas rekayasa lalu lintas.

“Semestinya petugas harus cepat tanggap. Buka saja satu atau dua pintu tol lagi untuk kendaraan dari arah timur. Toh kendaraan dari arah barat juga belum ramai,” kata Ketua Institut Studi Transportasi (Instran) yang juga turut melakukan pemantauan ini. (aliy)