Angkasa Pura 2

Menhub Jonan Didampingi Sekjen dan Dirjen Hubdat Lepas Pemudik Gratis Di TMII

KoridorSabtu, 2 Juli 2016
Jenan lepas mudik1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan melepas rombongan mudik gratis Lebaran 2016 dengan di halaman Musium Purna Bhakti Pertiwi, TMII, Jakarta, Sabtu (2/7/2017) pagi. Mereka adalah orang-orang yang semula mudik dengan sepeda motor, kemudian difasilitasi dengan bus gratis untuk penumpang dan motornya diangkut dengan truk secara gratis.

Sebanyak 352 bus berangkat ke sembilan kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta yang dibagi menjadi dua gelombang. Menhub Jonan melepas pemudik gratis itu didampingi Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto Iskandar, Sekjen Kementerian Perhubungan Sugihardjo, Kepala BPTJ Elly Andriani Sinaga, Sekretaris BPSDM Perhubungan Peni Puji Turyanti, serta Wakil Ketua Komisi V DPT Nusyirwan Sudjono.

Menhub Jonan berpesan agar seluruh peserta mudik gratis berhati-hati di jalan dan tetap tertib berlalu lintas, sehingga tidak memicu kemacetan atau masalah sosial lainnya di masyarakat, terutama yang dilalui arus mudik Lebaran 2016.

“Hati-hati di jalan. Pengemudi harus hati-hati, jangan ugal-ugalan mengemudikan kendaraan di jalan. Para penumpang juga mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk ikut mengawasi dan mengingatkan jika awak kendaraan khususnya sopir bus lalai dan bisa mengakibatkan kecelakaan di jalan,” pesan Menhub Jonan.

Ratusan bus tersebut mengangkut penumpang ke sembilan kota yaitu Tegal, Purwokerto, Wonosobo, Magelang, Semarang, Yogyakarta, Solo dan Wonogiri. “Mereka akan diantar sampai Kantor Dinas Perhubungan masin-masing daerah, selanjutnya pluang ke kampung halaman dengan sepeda motor yang sudah diberangkatkan kemarin pagi,” Dirjen Perhubungan Darat Puji Hartanto, dalam laporannya.

Jonan jojo mudikk

Program mudik gratis ini, menurut Puji Hartanto, dilakukan untuk menekan jumlah korban kecelakaan dan meninggal dunia di jalan raya selama arus mudik dan balik Lebaran. “Selain itu juga mengurangi populasi sepeda motor di jalan raya, terutama di ruas mudik menjadi lancar dan potensi kecelakaan bisa diturunkan,” jelas Puji Hartanto.

Selain itu juga sebagai wujud kepedulian dan pelayanan Pemerinrah atau Negara kepada rakyatnya, khususnya golongan menengah ke bawah. “Kalau disediakan bus dan truk gratis, maka bisa menghemat biaya perjalanan mudik dan uangnya bisa digunakan untuk kepentingan yang lain,” tandas Puji Hartanto. (helmi)

loading...