Angkasa Pura 2

Pantauan Tim Balitbang Perhubungan, Djoko: Jalan Tol Terbukti Tak Bisa Atasi Kemacetan

LitbangSabtu, 2 Juli 2016
IMG_20160702_023255_edit

BREBES (beritatrans.com) – Kemacetan luar biasa yang terjadi menjelang dan sesudah pintu tol Brebes Timur sejak Jumat (1/7/2016) pukul 10:000 WIB kemarin hingga Sabtu, hari ini (2/7/2016) membuktikan bahwa jalan tol tidak bisa menghilangkan kemacetan.

“Faktanya justru jalan tol menjadi pemicu munculnya kendaraan-kendaraan baru. Sehingga kemacetan tetap terjadi seperti di exit tol Brebes Timur ini,” kata Pengamat Transportasi dari Universita Katolik Soegijapranata Semarang Djoko Setyowarno kepasa beritatrans.com dan Tabloid Mingguan BeritaTrans saat melakukan monitoring bersama Tim Monitoring Angkutan Mudik Lebaran 2016/1437 H Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Darat dan Perkeretaapian Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan di Exit Tol Brebes Timur, sejak Jumat hingga Sabtu (1-2/7/2016).

Djoko mengatakan, pemerintah sebaiknya lebih fokus mengembangkan angkutan umum massal ketimbang membangun jalan tol.

Pemantauan Tim Monitoring Puslitbang Darat dan Perkeretaapian Badan Litbang Perhubungan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi Felix Iryantomo sepanjang hari Jumat hingga Sabtu dini hari, kondisi lalu lintas di jalan tol Jakarta – Brebes telah menunjukkan peningkatan. Apalagi menjelang sore dan malam. Mulai Jumat pukul 11.00 WIB dan hingga Sabtu dini hari tadi, kemacetan mulai terlihat sejak di Tol Palimanan. Bahkan di exit tol Brebes Timur sudah memanjang hingga 20 kilometer lebih.

Tidak itu saja, terpantau juga oleh Tim Monitoring Balitbang Perhubungan, sejak keluar tol Brebes Timur hingga Tegal sepanjang 9 kilometer kendaraan nyaris tak bergerak.

“Pantauan dari udara dengan menggunakan drone pun terlihat kemacetan memanjang, baik sebelum maupun setelah exit tol Brebes Timur yang mengarah ke Tegal,” kata Felix. (aliy)

loading...
  • jamot

    wondering, kalau tol sdh terhubung sampai banyuwangi, ga perlu lagi perhubungan saat mudik kali y….