Angkasa Pura 2

Mudik Gratis Untuk Tekan Angka Kecelakaan Di Jalan Raya

Emplasemen KoridorMinggu, 3 Juli 2016
Hemi_Pramurahajo_edit

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan juga melepas keberangkatan para peserta program mudik gratis dengan bus bagi pengguna sepeda motor yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan, dan mudik gratis dengan KA yang diselenggarakan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Program mudik gratis itu dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat kelas menengah ke bawah. Selanjutnya mengurangi angka kecelakaan dan korban jiwa meninggal di jalan raya, sekaligus menekan kepadatan lalu lintas terutama selama arus mudik Lebaran 2016,” kata Karo Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Hemi Pamurahjarjo di Jakarta, Minggu (3/7/2016).

Pelepasan mudik gratis dengan bus bagi pengguna sepeda motor dilakukan Menhub Jonan di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) didampingi oleh Dirjen Perhubungan Darat, Pudji Hartanto. Hadir pula Sekjen Kemenhub Sugihardjo, Kepala BPTJ Elly Adriani Sinaga, serta tamu undangan baik sipil, TNI dan Polri.

“Sebanyak 14.580 peserta mudik tahun diangkut dengan 560 bus ke sembilan kota tujuan mudik di Pulau Jawa, yakni Tegal, Kebumen, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, dan Semarang. Proses pelepasan dilakukan dalam dua gelombang, yaitu keberangkatan pagi dan siang hari,” jelas Hemi.

Sedangkan untuk pemberangkatan sepeda motor para pemudik sebanyak 3.485 unit, menurut Hemi telah diberangkatkan pada 1 Juli 2016 dengan menggunakan truk.

Dikatakan, tahun ini Kemenhub menyediakan kuota angkut mudik gratis sebanyak 12.000 unit sepeda motor dan 24.000 penumpang atau naik hampir empat kali lipat dibanding tahun 2015 yakni 3.200 unit sepeda motor dan 7.400 penumpang.

Tekan Angka Kecelakaan

Dirjen Perhubungan Darat Puji Hartanto mengatakan, program mudik gratis bagi pengguna sepeda motor bertujuan untuk menekan angka kecelakaan jalan raya yang biasanya didominasi oleh pengendara sepeda motor. “Program ini juga merupakan upaya untuk mengendalikan volume arus lalu lintas di jalan pada saat musim mudik Lebaran,” sebut mantan Kakorp Lantas Polri itu lagi.

Selain untuk meningkatkan pelayanan transportasi terhadap masyarakat, program mudik gratis ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan dan keamanan penumpang di jalan, sebagaimana fokus kerja dari Kemenhub.

Pelepasan mudik gratis dengan KA dilakukan di Stasiun Pasar Senen bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat. Peserta mudik gratis diberangkatkan dengan KA Kutojaya Utara yang rangkaian kereta apinya merupakan produksi baru buatan PT. INKA.

Dalam kesempatan ini Djarot mengungkapkan apresiasinya terhadap Menhub Jonan dan juga PT KAI karena telah memberikan fasilitas yang baik bagi para peserta mudik gratis. “Saya terimakasih sama Pak Jonan dan PT KAI, telah memberikan fasilitas kereta ekonomi rasa eksekutif untuk membantu masyarakat yang mau mudik gratis”, papar Djarot.

Dengan menggunakan kereta, tambahnya, otomatis akan meningkatkan keselamatan, mengurangi angka kecelakaan, serta mengurangi tingkat kemacetan di jalan. (helmi)

loading...