Angkasa Pura 2

Contra Flow Di Tol Brebes Timur Malah Sebabkan Macet Makin Parah

KoridorSenin, 4 Juli 2016
images (23)

BREBES (BeritaTrans.com) – Kepadatan kendaraan arus mudik di jalur Pantura Brebes, Jateng masih terjadi hingga Minggu (3/7) sore. Pengalihan arus lalu lintas (contra flow) pada pintu keluar Tol Brebes Timur, Jawa Tengah, terlihat malah menimbulkan kemacetan pada dua lajur, dari barat dan timur hingga belasan kilometer.

Hingga hari ini, kemacetan di titik tersebut sudah terjadi lebih dari 24 jam. Personel Satuan Lalu Lintas Polres Brebes dan Dinas Perhubungan mencoba rekayasa contra flow bersistem 3-1, yakni 3 lajur dari barat dan 1 lajur dari timur begitu keluar pintu tol Brebes Timur.

Berdasarkan pengamatan cnnindonesia, hal itu juga membuat kemacetan yang mengular hingga Kota Tegal.

Pasar tumpah di Pasar Induk Brebes terlihat semakin memperparah kondisi lalu lintas. Aktivitas jual-beli di kawasan itu, termasuk masyarakat yang menyeberang kerap memberhentikan arus kenderaan.

“Macet tahun ini di Brebes sepertinya paling parah. Saya sudah 24 jam lebih terkunci dan merayap dari Bulakamba, padahal sudah mencoba menghindari exit Tol Brebes Timur”, kata Udin, seorang pemudik yang hendak menuju Jawa Timur.

Kemacetan di jalur Pantura Brebes hingga Tegal diperkirakan akan terus terjadi hingga Minggu malam nanti. Kepolisian meminta pemudik bersabar dan tidak terjadi saling menyalip.

Sekitar pukul 13.00 WIB tadi, akun Twitter Traffic Management Centre Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mempublikasikan foto kemacetan yang terjadi di pintu keluar Tol Brebes Timur. Kemacetan di lokasi itu tercatat mengular sejauh 15 kilometer.

“Cari jalur alternatif lainnya,” demikian tulis TMC Polda Metro Jaya. (della).

loading...