Angkasa Pura 2

Suasana Lebaran Kapal Tetap Sandar Di Pelabuhan Priok, Muatannya Ditumpuk Dulu

DermagaKamis, 7 Juli 2016
20160707_122140-1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Aktivitas angkutan barang /petikemas di Pelabuhan Tanjung Priok sampai Kamis (7/7/2016) atau H+1 masih sepi. Jalan di dalam pelabuhan lengang seperti lapangan bola.

Menurut pengamatan BeritaTrans.com dan tabloid mingguan Berita Trans sepinya kegiatan angkutan barang menjadi tandatanya besar . Karena kendati suasana lebaran kapal tetap sandar di Pelabuhan Priok.

Namun karena tidak ada angkutan, barang terpaksa ditumpuk di pelabuhan. Dampaknya usai lebaran nanti Yard Occupancy Ratio (YOR) di pelabuhan menjadi tinggi.

Manager Operasional Jasa Armada Indonesia (JAI) Wilayah Tanjung Priok, Agus S mengatakan pada hari lebaran (H0) tercatat lima kapal sandar di Priok dan pada H+1 kedatangan kapal mulai normal.

Agus mengakui karena belum ada angkutan, barang dari kapal tadi ditumpuk dulu di pelabuhan, ujarnya , Kamis sore via WhatsApp.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Gemilang Tarigan menilai tidak lancarnya arus barang keluar dari pelabuhan saat suasana lebaran disebabkan adanya kebijakan cuti bersama.

Kebijakan cuti bersama ini membuat semua orang ingin cuti termasuk pemilik angkutan dan para sopir angkutan barang.

“Sebaiknya jangan cuti rame rame tapi didasarkan kepatutan. Misalnya kalau Lebaran yang tidak lebaran tetap kerja. Sebaliknya kalau Natal yang cuti yang merayakan Natal saja sehingga kegiatan pelayanan tetap jalan. Selain itu larangan operasi angkutan barang cukup sampai H+1,”ujar Tarigan.

Sementara itu suasana sepi juga terlihat di Terminal Penumpang, Pelabuhan Tanjung Priok. “Hari Kamis hingga Jumat (tgl 7 dan 8 Juli) tidak ada jadwal kapal tiba mau pun berangkat. Hari Sabtu (9/7/2016) baru ada KM Dorolonda berangkat dari Priok pk 19.00 ke Surabaya, Makasar, Bau Bau , Namlea, Ambon, Ternate dan Bitung,” kata petugas Pos terpadu di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok Kamis (7/7/2016). (wilam)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari