Angkasa Pura 2

Tingkatkan Pengawasan Keselamatan Pelayaran, KSOP Sunda Kelapa Bikin Posko Taktis

DermagaKamis, 7 Juli 2016
IMG-20160707-WA005

JAKARTA (beritatrans.com) – Untuk meningkatkan dan mempermudah pengawasan aspek keselamatan pelayaran, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sunda Kelapa, Jakarta Utara, membuat Posko Taktis di Pulau Bidadari.

“Semua kapal penumpang melintas di alur Pulau Bidadari dilakukan monitoring dan penertiban oleh petugas Posko Taktis KSOP Sunda Kelapa,” kata Kepala KSOP Sunda Kelapa Letnan Kolonel Marinir Benyamin Ginting kepada beritatrans.com danTablloid Mingguan Berita Trans, Kamis (7/7/2016).

Benyamin Ginting mengatakan, PoskoTaktis KSOP Sunda Kelapa di Pulau Budadari tidak hanya melakukan pengawasan, tetapi juga melakukan sosialisasi emergency call jika terjadi darurat dan kecelakaan kapal.

“Kami pastikan, paling lambat 15 menit tim penyelamatan KSOP Sunda Kelapa sudah sampai lokasi kecelakaan yang terjadi di wilayah kepulauan seribu,” katanya.

IMG-20160707-WA006

Menurutnya, dengan dukungan tim rescue yang terlatih dan dilengkapi dengan kapal cepat Rigid Inflatable Boat (RIB) yang memiliki kecepatan 50 knot per jam, KSOP Sunda Kelapa siap membantu bila terjadi kecelakaan pelayaran.

“Meskipun kami sudah berusaha mengawasi dan menertiban kapal-kapal agar tidak terjadi kecelakaan, tetapi tetap saja kecelakaan bisa terjadi sewaktu-waktu. Untuk itulah kami bangun Posko Taktis yang dilengkapi oleh tim rescue, termasuk penyelam dan kapal cepat RIB,” kata Benyamin Ginting.

Ia menegaskan, KSOP Sunda Kelapa ingin memberikan jaminan keselamatan bagi masyarakat yang berwisata ke ke Pulauan Seribu dan sekitarnya.

Upaya memberikan jaminan keselamatan ini, kata Benyamin, sebagai wujud implementasi dari instruksi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Ir. A Tonny Budiono agar musim Angkutan Lebaran 2016/1437 H kali ini tidak ada kecelakaan atau zero accident.

“Seluruh personel KSOP Sunda Kelapa siap melaksanakan amanat para pemimpin untuk menciptakan keselamatan pelayaran dan zero accident,” tuturnya. (aliy)

loading...