Angkasa Pura 2

BKI Serahkan Aplikasi Pendaftaran Menjadi Anggota IACS

DermagaSenin, 11 Juli 2016
Cm6L1XBVUAA3keG_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) menyerahkan dokumen aplikasi untuk menjadi anggota International Association of Classification Societies (IACS) Kantor Pusat IACS di London, Jumat (7/7/2016).

Penyerahan dokumen dilakukan oleh Direktur Utama Rudiyanto didampingi oleh Ketua Majelis BKI Laksamana (Purn) DR Marsetio, yang juga Ketua Komite Kebijakan Publik Kementerian Perhubungan.

“Keberhasilan menjadi anggota IACS akan bernilai strategis, bukan hanya bagi BKI tetapi juga bagi dunia maritim nasional,” kata Rudiyanto melalui keterangan tertulis yang diterima beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans di Jakarta, Senin (11/7/2016).

Rudiyanto mengatakan, dengan BKI menjadi anggota IACS, kredibilitas armada kapal nasional yang terdaftar dalam klas BKI akan meningkat, tidak lagi mengalami dikriminasi persyaratan terkait klas IACS khususnya dalam proyek-proyek migas dan PMA.

“Juga akan menurunkan pula faktor risiko yang berujung pada penurunan premi asuransi kapal yang harus dibayarkan,” kata Rudiyanto.

Dengan menjadi anggota IACS, Indonesia dengan BKI-nya akan sejajar dengan ABS dari Amerika Serikat, LR dari Inggris, BV dari Perancis, DNV GL dari Norwegia dan Jerman, RINA dari Italia, PRS dari Polandia, CRS dari Croasia, RS dari Russia, NK dari Jepang, CCS dari China, KR dari Korea Selatan, dan IRS dari India dalam supremasi standar rancang bangun dan pengawasan keselamatan kapal dan bidang maritim terkait. (aliy)

loading...