Angkasa Pura 2

Tekan Dan Kendalikan Pertumbuhan Sepeda Motor Di Indonesia

Koridor OtomotifSelasa, 12 Juli 2016
ARUS MUDIK MOTOR

SEMARANG (Beritatrans.com) – Pertumbuhan dan penggunaan sepeda motor di Indonesia harus dikendalikan terutama saat arus mudik dan balik Lebaran di Tanah Air. Kasus kecelakaan dan korban jiwa di jalan yang melibatkan sepeda motor harus ditekan bahkan dihilangkan.

“Mudik gratis motor salah satunya. Kapal laut dapat dihidupkan lagi untuk mengangkut sepeda motor,” kata pakar transportasi MTI Jawa Tengah Djoko Setijowarno kepada Beritatrans.com di Semarang, Selasa (12/7/2016).

Seiring dengan itu, lanjut dia, kebijakan mengenai sepeda motor harus ditinjau ulang. “Murah dan mudah mendapatkan sepeda motor banyak menimbulkan ekses negatif ketimbang positif,” sebut Djoko.

“Selanjutnya menurunkan isi silinder (cc) dan hilangkan uang muka harus dilakukan, supaya aksi begal, kebut kebutan, tidak mau naik angkutan umum, korban kecelakaan, dan lainnya dapat berkurang,” terang Djoko.

Selanjutnya, perlu dilakukan pengaturan dan pembatasan sepeda motor. “Hanya di daerah tertentu, sepeda motor masih dapat digunakan. Yang jelas sepeda motor bukan untuk perjalanan jauh, cukup di lingkungan dan lokal saja,” tegas Djoko.(helmi)