Angkasa Pura 2

Lantik Tito Menjadi Kapolri, Presiden Jokowi Minta Reformasi Polri Dilanjutkan

Aksi PolisiRabu, 13 Juli 2016
Tito-jadi-kapolri

JAKARTA (Beritatrans.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Jenderal Pol Tito Karnavian menjadi Kepolisian RI Polri (Kapolri). Tito dilantik menggantikan seniornya Jenderal Pol Badrodin Haiti sebagai Kapolri di Istana Negara Jakarta, Rabu (13/7/2016).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi berpesan kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan konsekuensi dengan tetap mengutamakan tugas dan pengabdian pada bangsa dan negara. Kapolri juga menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sekaligus menegakkan hokum secara dil dan konsisten.

“Kapolri Tito Karnavian juga harus bisa melanjutkan reformasi di tubuh Polri. Polri harus menjadi institusi negara yang kuat, tegas dan disegani baik oleh rakyuat atau bangsa lain di dunia,” pesan Jokowi yang disiarkan secara langsung oleh beberapa media elektronika dalam dan luar negeri itu.

Reformasi di tubuh Polri, menurut Jokowi, harus dilanjutnya secara menyeluruh, konsisten dan berkelanjutan.

“Reformasi itu harus dimulai Polri sejak proses rekrutmen, selama pembinaan jenjang karier sehingga mampu menyaring dan menghasilkan putra-putra terbaik di negeri ini untuk menjadi Polri sejati dan Bhayangkara negara,” jelas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Selanjutnya, pinta Presiden Jokowi, Polri jangan terjebak dan proses transaksional baik di amsa rekturmen sampai saat menjalankan tugas melayani masyarakat dan menegakkan hukum di negeri ini.

Hadir Para Pejabat Negara

Pelantikan itu digelar, tepat pukul 14.00 WIB di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/6/2016). Komjen Tito Karnavian tampak sudah hadir sejak sekitar pukul 12.40 WIB. Tito mengenakan seragam pati Polri lengkap dengan bintang tiga di pundaknya.

Data yang dihimpun pers menyebutkan, tampak hadir anggota Kabinet Kerja dan pejabat negara di antaranya Menko Polhukam Luhut Pandjaitan, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perindustrian Saleh Husin, MenPANRB Yuddy Chrisnandi, Kepala BIN Sutiyoso dan lainnya.

Hadir juga pimpinan KPK Agus Rahadjo, Basaria Pandjaitan dan Saut Situmorang. Kemudian pimpinan MPR, Bawaslu, serta Ketua Umum Partai Hanura Wiranto.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti beserta puluhan jenderal polisi berseragam lengkap juga hadir termasuk Komjen Budi Gunawan dan lainnya. Turut hadir juga rekan Tito semasa menjabat di Polda Metro Jaya.

Tito sudah berada di tengah ruangan siap untuk diambil sumpah jabatan. Rencananya usai pelantikan, Akpol 87 itu akan serah terima jabatan sebagai Kapolri di Mabes Polri besok. (helmi)

loading...