Angkasa Pura 2

Pelni Temukan Tiket Tak Sesuai Dengan Identitas Penumpang Di Semarang

DermagaKamis, 14 Juli 2016
kapal pelni

SEMARANG (BeritaTrans.com) – Manajemem PT Pelni menemukan ratusan tiket  kapal   nama penumpang di tiket tidak sesuai dengan nama penumpang yang akan bepergian. “Temuan itu didapatkan saat embarkasi penumpang di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Kamis (14/7/2016).

Manajemen Pelni telah menerapkan sistem ticketing secara online, untuk memudahkan penjualan tiket, merekap jumlah penumpang, pendapatan secara real time . Termasuk pengawasan nama-nama penumpang juga dapat diketahui dengan mudah di Kantor Cabang PT Pelni.

“Dalam rapat antisipasi muatan balik angkutan Lebaran, PT Pelni menemukan kejanggalan dalam jumlah penumpang terutama diantara nama penumpang, tiket dan manifest penumpang serta dikaitkan dengan kapasitas kapal yang dibatasi oleh pemerintah,” kata Manager Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan Pelni Akhmad Sujadi kepada beritatrans.com di Jakarta, Kamis.

Menurutnya, tim melakulan langkah koordinasi dengan instansi terkait ke pelabuhan untuk penyesuian, penyaringan, dan kesesuaian penumpang.

Departure Control Service (DCS) sistem Control ticketing penumpang dengan barcode untuk  mengecek kebenaran identitas di tiket dengan identitas penumpang sudah dilakukan.

Mulai Agustus 2015

Menurut Sujadi, system DCS itu sudah diterapkan mulai Agustus 2015 lalu dimulai dari Tanjung Priok, Batam, Tanjung Balai, Medan, Semarang, Surabaya dan pelabuhan lainnya yang pelaksanaannya dilakukan bersama operator terminal penumpang dan wakil pemerintah di pelabuhan.

“Penerapan teknologi informasi untuk perbaikan pelayanan tiket sudah mulai diberlakukan. Setiap penumpang diwajibkan mengisi nama dan nomor identitas penumpang saat pesan tiket pada saat booking tiket,” papar Sujadi.

Hal tersebut untuk memastikan bahwa penumpang yang bepergian sesuai identitas, sehingga memudahkan identifikasi, penyesuaian manifest dan memudahkan pula mengurus asuransi bila terjadi musibah.

Langkah sementara tadi pagi penumpang yang kedapatan tidak sama tiket lama diganti dengan tiket baru sesuai dengan nama yang akan bepergian.

“Alhamdulillah proses penggantian tiket berjalan lancar. KM. Binaiya dam KM. Egon sudah berangkat. Namun ke depan tiket yang tidak sesuai dinyatakan hangus, tidak berlaku,” tukas Sujadi. (helmi)

loading...