Angkasa Pura 2

Tinggi Gelombang di Perairan Rote Capai 4 Meter

DermagaKamis, 14 Juli 2016
Gelombang Tinggi

KUPANG (beritatrans.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memperingatkan operator angkutan laut bahwa tinggi gelombang perairan Pulau Rote Provinsi Nusa Tenggara Timur khususnya di Selat Pukuafu mencapai empat meter, Kamis (14/7/2016).

Gelombang itu dipicu angin kencang berkecepatan 25-50 km/jam di Pulau Timor, Sabu, Rote dan Sumbat sangat berbahaya untuk dilayari karena mengancam keselamatan kapal dan penumpang, kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Sti Nenot’Ek di Kupang.

Ia mengatakan kecepatan angin seperti itu memicu tinggi gelombang laut mencapai 3-3,5 meter di perairan NTT selatan.

Angin kencang terjadi karena wilayah NTT tengah mengalami musim angin timur (monsun timur) yang bersifat kering dengan kecepatan mulai dari 25 sampai 50 km per jam dan adanya perbedaan tekanan udara di Benua Australia 1.024 sampai 1.030 milibar.

“Embusan angin seperti ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga 14 Juli 2016 dengan kecepatan 25 knot atau 45 km per jam,” katanya seperti dilansir Antara.

Sedangkan untuk wilayah NTT tekanan udara berkisar antara 1.012 sampai 1.014 milibar (mb) atau terjadi perbedaan yang signifikan antara tekanan rendah di Australia dan NTT sehingga menimbulkan angin kencang yang bergerak dari tekanan tinggi ke rendah.

Berdasarkan data-data itu, katanya, angin kencang lebih cenderung berembus kencang di wilayah NTT selatan, seperti Timor, Rote, Sabu, dan Sumba.

Sementara kata dia untuk wilayah perairan di Pulau Flores dan Alor kecepatan angin hanya 10 sampai 20 km per jam.

“Angin kencang ini mengganggu pelayaran karena terjadi gelombang laut di perairan sebelah selatan NTT, yang mencapai tiga meter, seperti di Samudra Hindia, perairan Selatan Pulau Sumba, Laut Timor Selatan, perairan selatan Kupang dan Pulau Rote terutama di Selat Pukuafu,” katanya.

Ia mengimbau agar masyarakat yang melakukan aktivitas penyeberangan berhati-hati di perairan sebelah selatan wilayah perairan NTT. (aliy)

loading...