Angkasa Pura 2

‎ Kapasitas Dermaga Padangbai Bakal Ditingkatkan ASDP

DermagaMinggu, 17 Juli 2016
images(76)

JAKARTA (beritatrans.com) – Berusaha terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasanya, PT ASDP Indonesia Ferry bakal meningkatkan kapasitas dermaga Padangbai melalui sarana dan prasarananya‎.

Direktur Teknik PT ASDP Indonesia Ferry, M Fitri Natriawan menyatakan, pihaknya tengah mengkaji peningkatan kapasitas dermaga penyeberangan lintas Bali-Lombok yang diusulkan Kementerian Perhubungan.‎

‎”Kapasitas dermaga eksisting saat ini mencapai 30 ton, akan kami kaji untuk ditingkatkan menjadi 40-50 ton,” jelas Fitri dalam keterangan resminya, Minggu (17/7/2016).

Sementara untuk jangka pendeknya, menurut Fitri, ASDP akan memasang kanopi sepanjang jalur pejalan kaki, agar tidak kepanasan dan kehujanan.

‎”K‎apasitas tampung kendaraan dan penumpang di pelabuhan Padangbai memang harus ditingkatkan. Saat ini, hanya cukup menampung sekitar 450 unit jenis truk, 1.500 unit sepeda motor, 64 unit mobil pribadi, dan sekitar 100-an penumpang pejalan kaki,” urai Fitri.

Di lintasan Lembar-Padang Bai, dikatakan Fitri, beroperasi sekitar 33 unit kapal dengan rata-rata 24 trip per harinya. PT ASDP sendiri mengoperasikan tiga unit kapal, yang salah satunya beroperasi kapal Portlink II berukuran 1.500 GRT yang cukup ideal di lintasan tersebut.
 
Fitri menambahkan, selain kendaraan truk barang yang banyak melintasi Padang Bai, karakteristik pengguna jasa dengan mobil pribadi dan sepeda motor juga mengalami peningkatan yang cukup tinggi, khususnya pada saat musim liburan.‎ (omy)