Angkasa Pura 2

KKP Lelang Ikan Beku 1.930 Ton Hasil Illegal Fishing

Kelautan & PerikananRabu, 20 Juli 2016
IMG02023-20160720-1354_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melelang 1.930 ton ikan beku hasil sitaan atau barang bukti ilegal fishing.

Lelang dilakukan berdasarkan Penetapan Pengadilan Negeri Sabang Nomor: 01/I.P.L/2016/PN.SAB dengan perantaraan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), Banda Aceh.

“Kita telah lakukan proses lelang secara lisan, KPKNL telah tetapkan pemenang lelang bernama SA dengan harga lelang sebesar Rp31 miliar,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Kantor KKP, Jakarta, Rabu (20/7).

Hasil lelang sebesar itu merupakan barang bukti dari 10 kapal pelaku ilegal fishing di Ambon dan Merauke bernilai Rp10 miliar, ditambah hasil lelang dari 1 kapal yang mencapai angka Rp21 miliar.

Meskipun barang buktinya telah dilelang, namun proses penanganan kasus Kapal Silver Sea 2 masih berjalan. Penyidik PNS KKP sedang bekerja untuk melengkapi petunjuk jaksa, untuk selanjutnya bisa segera dilimpahkan ke pengadilan.

Susi mengingatkan, apabila dikemudian hari ditemukan adanya pelanggaran dalam proses pelelangan, maka sesuai ketentuan perundangan hal tersebut dapat diproses berdasarkan hukum yang berlaku.

“Semua pihak saya harapkan dapat mengawasi proses eksekusi lelang ikan ini. Jika ditemukan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dapa dilaporkan kepada KKP, Kementerian Keuangan, Kepolisian, dan Komisi Pemberantasan korupsi (KPK),” ungkap Susi. (albi)

loading...