Angkasa Pura 2

Indonesia-Australia Tukar Pengalaman Penanganan ICAO State Letter

BandaraJumat, 22 Juli 2016

JAKARTA (beritatrans.com) – Melalui Paket Bantuan Keselamatan Transportasi Indonesia atau Transportation Safety Assistance Package (ITSAP), Indonesia bekerjasama dengan Australia saling bertukar pengalaman terkait langkah yang dilakukan dalam penanganan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional/International Civil Aviation Organization (ICAO) state letter.

Seperti diketahui, ICAO state letter adalah surat pernyataan berupa informasi, perubahan regulasi maupun rekomendasi dari ICAO.

“Kesempatan ini sangat dimanfaatkan para pelaku yang menangani ICAO state letter di Indonesia untuk mendapatkan best practices yang dilakukan Australia dalam melakukan penanganan ICAO state letter,” jelas Kepala Bagian Kerjasama dan Humas, Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub Agoes Soebagio di Jakarta, Kamis (21/7/2016).

Menurut Agoes, dengan adanya tukar pengalaman dengan Australia terkait dengan ICAO State Letter ini, diharapkan dapat meningkatkan performa Indonesia dalam penanganan kedepannya serta meningkatkan compliance Indonesia terhadap ICAO Standard and Recommended Practices/ SARPs.

Berdasarkan data yang dirilis ICAO, selama kurun waktu 2011-2015, Australia menempati posisi ke-3 terbaik di lingkup Asia Pasifik dalam penanganan ICAO State Letter/ ICAO Response Rate by Member State khususnya yang terkait dengan amandemen ICAO Annex dan ICAO Procedures for Air Navigation Services (PANS), sementara Indonesia menempati posisi ke 12 dalam kategori yang sama. (omy)

loading...