Angkasa Pura 2

Pekan Ketiga Juli, BP2IP Tangerang Raih PNBP Sebesar Rp15 Miliar

SDMJumat, 22 Juli 2016
Tommy Hyro PIN

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kampus Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang terus menggenjot kinerja dan perolehan penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Setelah ditetapkan menjadi Badan Layanan Umum (BLU), Kampus BP2IP Tangerang terus berpacu meningkatkan pelayanan sekaligus mencari sumber-sumber penerimaan baru, karena tidak lagi mendapatkan subsidi dari negara.

“Sampai pekan ketiga Jui 2016, BP2IP Tangerang sudah mampu meraih penerimaan dari PNBP sebesar Rp15 miliar lebih. Jumlah itu lebih dari 50% target penerimaan PNBP sebagai lembaga BLU sebesar Rp26 miliar yang ditetapkan pimpinan Kementerian Perhubungan,” kata Kepala BP2IP Tangerang Capt. Hyronimus A.Taneh, MM, M.Mar kepada Beritatrans.com di Jakarta, Jumat (22/7/2016).

Menurutnya, sebagai lembaga pendidikan kepelautan di Tanah Air maka sumber penerimaan yang paling besar berasal dari diklat. Apalagi, saat ini taruna baru BP2IP Tangerang sebanyak 361 orang sudah masuk dan mereka membayar uang kuliah, uang makan dan kebutuhan taruna lainnya.

“Semua itu menjadi salah satu sumber PNBP bagi BP2IP Tangerang. Selain dari taruna reguler, saat ini banyak siswa diklat jangka pendek atau short course berbagai jenis diklat kepelautan di BP2IP Tangerang. Semua itu menjadi sumber utama PNBP lembaga pendidikan pelaut di daerah Mauk, Tangerang, Banten ini,” jelas Capt. Hyronimus.

Sejak awal tahun 2016 silam, BP2IP Tangerang banyak menggelar diklat hasil kerja sama dengan institusi lain, seperti diklat Basic Saftey Tarining (BST) untuk para nelayan tradisional dari Pelabuhan Muara Baru dan Muara Angke Jakarta Utara.

“KSOP Muara Baru belum lama ini menggelar Diklat BST untuk nelayan tradisional yang bisa sandar dari pelabuhan perikanan terbesar di Jakarta itu. Selama ini, mereka berlayar lebih banyak menggunakan intuisi serta ketrampilan turun temurun dari orang tuanya. Sedang pengetahuan teknis mengenai BST baru diperoleh sejak mengikuti diklat di Kampus BP2IP Tangerang,” terang Capt. Hyronimus lagi.

Tommy Hyro dkk

Dua Bulan Lagi Capai Target

Sampai akhir tahun 2016 mendatang, BP2IP Tangerang optimis mampu melampaui target penerimaan PNBP yang dipatok oleh pemerintah dan DPR. Seluruh eksponen mulai pimpinan, dosen, instruktur dan karyawan BP2IP Tangerang lainnya siap berbuat yang terbaik untuk masyarakat.

“Kalau melihat kondisi saat ini, paling dua bulan lagi target penerimaan PNBP 2016 akan terlampaui. BP2IP Tangerang juga komitmen bekerja keras dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang menjadi pengguna jasanya,” kilah alumni PIP Makassar.

Sesuai arahan Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si, tambah Capt. Hyronimus, seluruh lembaga pendidikan di bawah Kementerian Perhubungan harus mampu meningkatkan kinerja dan pelayanannya. “Seluruh lembaga diklat BPSDM Perhubungan diarahkan menjadi BLU semua dan tidak lagi mengandalkan subsidi negara di APBN,” kata Capt. Hyronimus menirukan.

Sejak tahun 2015 BP2IP Tangerang sudah berproses menjadi BLU dan tahun 2016 ini berlaju penuh. Target PBNP tahun ini dipatok sebesar Rp26 miliar. “Tapi, ada informasi target PBNP akan ditingkatkan lagi. Namun kalau itu sudah menjadi kebijakan pimpinan, BP2IP Tangerang harus siap menjalankannya,” tegas mantan pimpinan BP3IP Jakarta itu.(helmi)

loading...