Angkasa Pura 2

Pemprov DKI Akan Bebaskan 5 Lahan MRT Pekan Depan

EmplasemenSabtu, 23 Juli 2016
Lahan_MRT_Lebak_Bulus

JAKARTA (beritatrans.com) – Pemprov DKI Jakarta kembali akan membebaskan sejumlah lahan untuk pembangunan Mass Rapid Transit (MRT). Sedikitnya 5 bidang lahan akan dibebaskan pekan depan.

“Lokasinya berada di kawasan Lebak Bulus,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat usai rapat terkait rencana pembangunan MRT di kantor Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (22/7/2016).

Djarot meminta PT MRT sebagai pembangun mega proyek tersebut aktif melaporkan ke Pemprov DKI jika di lapangan ditemukan masalah seperti pembebasan lahan.

“‎Kalau persoalan seperti ini, MRT harus proaktif dong, jangan hanya menunggu kita, secara tekhnis yang mengetahui ini harus dibebaskan itu PT MRT, jadi harus ikut serta,” ucapnya.

Infrastruktur pembangunan depo untuk kereta membutuhkan lahan seluas 105.028 meter persegi atau 105 hektar (Ha).

Lahan sebanyak itu terdiri atas 78 bidang tanah, yang mana lahan seluas itu terbagi atas dua kepemilikan, lahan eks polri, terminal Lebak Bulus, serta stadion, kolam renang dan lapangan squas lebak bulus 80.589 meter persegi.

“Lalu ada lahan negara seluas 24.430 meter persegi,” ujarnya seperti dilansir bisnis.com.

Selama ini Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta mendapat kewenangan pembebasan lahan seluas 24.284 meter persegi.

Pada perkembangannya, dari kewajiban 24.284 meter persegi itu, masih ada lahan seluas 2.298 meter persegi lagi atau setara 25 bidang yang masih harus dibebaskan‎.

Namun, dari 25 bidang tersebut, yang telah dibebaskan 12 bidang. Lima bidang yang dibebaskan awal pekan mendatang termasuk dalam 12 bidang.

“Sisanya, akan dibebaskan dalam waktu dekat,” ujarnya. (aliy)

loading...