Angkasa Pura 2

Jonan: Kapal Laut Dikurangi Angkut Penumpang Jarak Jauh, Dialihkan Ke Pesawat Terbang

DermagaSenin, 25 Juli 2016
2016-07-25 15.28.28

SEMARANG (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Ignatius Jonan berharap di masa mendatang angkutan lebaran untuk jarak jauh antarpulau tidak lagi menggunakan moda kapal penyeberangan seperti saat ini, tapi menggunakan pesawat udara.

Untuk jarak jauh, layanan menggunakan kapal akan dikurangi. Dan diarahkan menggunakan pesawat terbang. Sedangkan antarpulau dekat tetap diperbanyak moda angkutan kapal penyeberangan.

“Misalnya untuk Semarang – Karimunjawa ya tepatnya menggunakan kapal laut. Tapi untuk antarpulau (Jawa – Kalimantan – Sulawesi) tepatnya menggunakan pesawat,” kata Ignatus Jonan, Senin (25/7) di Semarang.

Wacana itu mengemuka saat menhub melakukan evaluasi atas pelayananan angkutan laut pada saat lebaran 2016 di Semarang.

“Soal angkutan laut kemarin, dari segi keselamatan pelayaran sudah baik, misalnya soal kelaikan kapalnya relatif lebih baik dan bersih. Dari segi layanan terminal penumpang laut, Tanjung Perak, Surabaya) tetap paling bagus,” kata Jonan.

Meski begitu saat meninjau Terminal Pelabuhan Tanjung Emas pascarenovasi Sabtu malam lalu, Jonan mengapresiasi PT Pelindo III yang telah menjadikan terminal menjadi lebih bagus. “Padahal dulu tempat ini adalah gudang terbengkalai. Kini sudah sangat bagus, bahkan lebih bagus dari pada Bandara Ahmad Yani,” tutup Ignatius Jonan. (ani).

loading...