Angkasa Pura 2

KSOP Sunda Kelapa – TNI AL Bersinergi Amankan Lingkungan Maritim

DermagaSenin, 25 Juli 2016
Upacara_KRI_Cakalang

JAKARTA (beritatrans.com) – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sunda Kelapa Jakarta Utara bersama TNI Angkatan Laut menjalin sinergi dalam pengamanan lingkungan maritim. Hal itu ditandai dengan keterlibatan KSOP Sunda Kelapa secara aktif dalam upacara peresmian operasional kapal patroli cepat TNI AL KRI Cakalang 852 (PC-43 M) di dermaga Kade Baru Timur (KBT) Pelabuhan Sunda Kelapa.

“Keterlibatan KSOP Sunda Kelapa dalam peresmian kapal patroli milik TNI AL ini sebagai wujud komitmen membangun sinergi dengan berbagai stake holder dalam upaya peningkatan keselamatan dan keamanan lingkungan maritim, khususnya di perairan wilayah kerja KSOP Sunda Kelapa,” kata Kepala KSOP Kelas III Sunda Kelapa Letnan Kolonel Marinir Benyamin Ginting kepada beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans di Jakarta, Senin (25/7/2016).

Pada peresmian operasional kapal patroli cepat KRI Cakalang yang dihadiri langsung oleh Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, SE, MAP, KSOP Sunda Kelapa mengerahkan satu peleton pasukan upacara.

“Kami juga mempersiapkan dermaga KBT yang dijadikan tempat upacara serta melakukan pengaturan lalu lintas di area pelabuhan. Juga tak kalah pentingnya melakukan pemanduan terhadap kapal-kapal TNI AL yang masuk ke dermaga KBT seperti KRI Cakalang, Kal Sanca, Kal Kobra, dan yang lainnya,” kata Benyamin Ginting.

Kasal Laksamana Ade Supandi, SE, MAP, yang juga bertindak sebagai Inspektur Upacara menyampaikan bahwa kehadiran KRI Cakalang 852 diharapkan dapat semakin memperkuat dan meningkatkan kontribusi dalam pengamanan lingkungan maritim.

“Saya instruksikan selalu merawat dan menggunakan (KRI Cakalang) dengan sebaik-baiknya dalam melaksanakan tugas,” kata Ade Supandi. (aliy)