Angkasa Pura 2

Pengamat : Uji Coba Ganjil-Genap Jangan Terlalu Lama

KoridorSenin, 25 Juli 2016
IMG-20160723-WA008

JAKARTA (beritatrans.com) – Pengamat transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno mengungkapkan, ujicoba penerapan plat ganjil-genap pada kendaraan yang akan dimulai lusa (27/7/2016), jangan terlalu lama.

“Ini sebagai sasaran sementara, sebelum diterapkan ERP (Electronic Road Price), yang disegerakan justru ERP,” ujar Djoko menjawab beritatrans.com, Senin (25/7/2016).

Potensi mudharatnya, menurut Djoko akan lebih banyak, karena banyak akal-akalan pemilik kendaraan pribadi agar bisa tetap masuk kawasan tersebut.

“Misalnya saja dengan memiliki plat ganda,” kata Djoko.

Djoko mengemukakan, bila benar dan ketahuan memang bisa ditilang. Namun seberapa efektif penilaian tersebut, tidak bisa diprediksi karena agak riskan dan dapat menghambat lalu lintas jalan.

Seperti diketahui Polda Metro Jaya dan Dishubtrans Jakarta akan melaksanakan uji coba penerapan kendaraan dengan plat ganjil-genap. Plat ganjil berlaku pada tanggal ganjil dan plat genap berlaku pada tanggal genap.

Pada saat pelaksanaan uji coba, apabila kedapatan menggunakan TNKB maupun STNK yang bukan dikeluarkan oleh Polri (pemalsuan), akan diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku. (omy)

loading...