Angkasa Pura 2

Kemenhub Keluarkan Izin, Proyek KA Cepat Jakarta-Bandung Dilanjutkan

EmplasemenSelasa, 26 Juli 2016
Proyek KA Cepat

JAKARTA (Beritatrans.com) – Staf Ahli Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Sahala Lumban Gaol menyatakan, seluruh izin pembangunan prasarana kereta api (KA) cepat Jakarta-Bandung telah terbit. Izin diterbitkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selaku instansi berwenang pada pekan lalu. Dengan demikian, pembangunan proyek tersebut bisa berjalan kembali.

“‎Izin pembangunannya untuk kereta cepat sudah diterbitkan. Informasi yang kita dapat seluruh 140 km.‎ Keluar dalam bulan ini. Kalau saya tidak salah, seminggu yang lalu,” ujar Sahala di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (25/7/2016).

Selain soal izin pembangunan, proses pembebasan lahan untuk jalur kereta ini pun sudah selesai 60 persen. Proses pembebasan lahan tersebut selanjutnya akan dilaporkan kepada China Development Bank (CDB) sebagai perbankan yang memberikan pinjaman.

“‎Lahan sudah beres sekitar 60 persen sudah untuk land-nya. Sekarang yang dilakukan di lokasi itu land clearing (lahan yang telah dibebaskan) yang 5 km di Walini. Kita lagi berikan informasi selengkapnya ke CDB. Memang CDB meminta klarifikasi lagi nanti nanti malam saya akan ke sana,” tutur Sahala seperti dikutip laman liputan6.com.

Sementara itu, terkait dengan penggunaan lahan Bandara Halim Perdanakusuma untuk stasiun kereta tersebut, Sahala menyatakan hal ini masih dalam proses pembicaraan dengan TNI Angkatan Udara (AU) selaku pemilik lahan.

Dia berharap segera ada titik temu terkait hal tersebut. “Memang sekarang lagi dalam proses, kita berbicara dengan TNI AU, itu mengenai stasiunnya. Yang saya sampaikan tadi kan trase. Izin pembangunan trase. Sudah, kalau izinnya ‎sudah dapat kita harapkan kita akan segera bergerak. Mudah-mudahan pokoknya turunnya duitnya sbelum akhir tahun,” tandas dia.(helmi/lip)