Angkasa Pura 2

Membangun Sektor Transportasi, Kemenhub Harus Sinergikan Seluruh Pemangku Kepentingan

Bandara Dermaga Kokpit Koridor SDMRabu, 27 Juli 2016
Logo_Kemenhub

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan sebagai regulator transportasi tak bisa bekerja sendiri. Untuk sukses membangun transportasi umum yang baik dan efisien di Tanah Air harus mampu bekerja sama dan menyinergikan semua pemangku kepentingan sektor transportasi.

“Sebagai regulator, Kementerian Perhubungan memang benar. Tapi, untuk action di lapangan, harus melibatkan bahkan bersinergi dengan Kementerian atau lembaga yang lain,” kata Pakar Transportasi Djoko Setijowarno menjawab Beritatrans.com di Jakarta, Rabu (27/6/2016).

Mereka itu, lanjut dia, adalah Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Bappenas, Bank Indonesia (BI) dan lainnya. Selain itu juga Organda sebagai mitra kerja dan assosiasi pengusaha transportasi lainnya.

“Mereka harus diajak bersama dan terlibat langsung dalam pembangunan sektor tranportasi di Tanah Air. Kementerian Perhubungan memang sebagai leading Sector. Tapi, untuk maju bersama harus dilibatkan semua,” jelas Djoko.

Untuk membangun transportasi umum, papar Djoko, harus dibenahi dari hulu sampai ke hilir. “Kasus kecelakaan atau macet parah saat mudik Lebaran 2016 bukan masalah tunggal. Hal itu merupakan akumulasi dari banyak masalah dari hulu sampai ke hilir,” papar Djoko.

“Tugas mendesak yang perlu dilakukan Menhub Budi Karya Sumadi harus menggenjot pembangunan transportasi umum darat. Sektor ini masih jauh ketinggalan dibandingkan sektor lainnya,” sebut Djoko.

Tapi untuk membangun angkutan umum yang baik, menurut Djoko, tak akan selesai dilakukan Kementerian Perhubungan sendiri. “Banyak sektor harus dilibatkan dan bersinergi dengan baik untuk membangun transportasi umum yang baik, aman, nyaman dan selamat,” terang Djoko.

Masalahnya sekarang, tambah dia, mau tidak dan berani tidak Menmhub Budi Karya Sumadi mengajak dan melibatkan kementerian dan sektor lain ikut membangun transportasi umum yang baik itu itu.

“Kita sangat berharap bisa mewujudkan transportasi umum yang baik itu. Nanti sejarah yang akan membuktikan,” tegas Djoko.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari