Angkasa Pura 2

Ini Aksi Taruna Transportasi Sambut Menhub Budi Karya Sumadi

SDMJumat, 29 Juli 2016
Jonan Pedang Pora Lepas

JAKARTA (Beritatrans.com) – Ratusan taruna transportasi dari tiga sekolah transportasi BPSDM Perhubungan yaitu STTD Bekasi, STIP Jakarta dan STPI Curug, ikut berperan aktif dalam prosesi serah terima jabatan (sertijab) dan pisah sambut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan seniornya, Ignasius Jonan dan istri.

Dalam proses sertijab dan pisah sambut, Kamis (28/7/2016) pagi, Pasukan Pedang Pora dari tiga kampus transportasi sudah siaga di halangan Kementerian Perhubungan sejak jam 06.00. Mereka berangkat dari kampus masing-masing jam 04.30 bahkan sudah bangun dan siap-siap menjalankan tugas dari jam 03.00 dini hari.

Data yang dihimpun beritatrans.com menyebutkan, setiap kampus mengirimkan 15 taruna untuk Pasukan Pedang Pora. Selain itu juga taruna dan taruni penyambut dan pengantar tamu VIP. Mereka berasal dari tiga kampus di Jabodetabek, masing-masing STTD Bekasi, STIP Jakarta dan STPI Curug.

Mereka adalah taruna terbaik dan terlatih dari masing-masing kampus. Dalam setiap event besar di Kementerian Perhubungan seperti sertijab dan pisah sambut Menteri Perhubungan atau event besar lainnya, selalu melibatkan taruna transportasi BPSDM Perhubungan.

“Mereka adalah taruna terbaik dari kampusnya. Jika dibutuhkan, mereka bisa digerakkan dan dalam hitungan jam atau menit sesuai lokasi yang dituju, sudah siap di lapangan. Dalam acara seperti ini (sertijab Menteri Perhubungan) taruna kita selalu ikut ambil bagian. Paling tidak Pedang Pora dan marching band,” kata Kepala BPSDM Perhubungan kepada Beritatrans.com di Jakarta, Kamis (28/7/2016).

Pedang Poraa

Untuk mengiringi kepergian mantan Menhub Ignasius Jonan, marching band Gita Jata Wiratama STTD Bekasi yang mendapatkan kehormatan untuk tampil. “Tadi, mereka tampil dengan sangat baik dan mendapatkan applaus dan apresiasi khusus dari Menhub Budi Karya Sumadi,” jelas Tommy, sapaan akrab Kepala BPSDM Perhubungan itu berpromosi.

Dalam acara-acara besar nasional, bahkan saat Pelantikam Presiden Joko Widodo dan Wapres M.Jusuf Kalla dulu, marching band STIP Jakarta Gita Sapta Bahari juga diminta tampil menyertai iring-iringan Presiden Jokowi dari Bundaran HI ke Istana Merdeka di silang Monas.

“Untuk menampilkan marching band, BPSDP Perhubungan mempunyai andalan tiga kampus, masing-masing Gita Sapta bahari dari STIP Jakarta, Gita Jata Wiratama dari STTD Bekasi dan Cewama Eka Tayai dari STPI Curug. Kita bisa memilih sesuai kebutuhan dan lokasi yang terdekat untuk digerakkan,” jelas Tommy lagi.

Pada kesempatan sertijab Menhub Budi Karya Sumadi, Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo sekaligus mempromosikan dan memberikan penjelasan singkat mengenai profil marching band yang tampil, yaitu Gita Jata Wiratama dari Kampus STTD Bekasi.

Gita Tampil1

Marching Band STTD

Marching band STTD Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi sudah siaga menyambut kedatangan Menhub Budi Karya Sumadi sekaligus menghantarkan kepergian Ignasius Jonan dan istri dari Kantor Kementerian Perhubungan.

Sekitar jam 08.00, mantan Menhub Ignasius Jonan dan Ny.Ratnawati Jonan sudah tiba di Kantor Kementerian Perhubungan RI. Mereka datang untuk mengikuti prosesi sertijab dan pisah sambut dengan Menhub Budi Karya Sumadi.

Sehari sebelumnya, Jonan didampingi beberapa pejabat Kemenhub, sore kemarin Jonan menyisir satu demi satu lantai Kementerian Perhubungan hanya demi menyalami para pegawai di lingkungan Kemenhub. “Ini saya pamitan saja. Terima kasih sudah membantu saya selama ini‎,” kata Jonan.

Gita Tampil2

Marching band STTD ini siap untuk mengarak mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan‎ meninggalkan kantor Kemenhub setelah jabatannya digantikan oleh Budi Karya Sumadi. “Ini merupakan tradisi yang ada di kantor kami. Menteri yang habis diganti, diarak, ini bentuk penghormatan terakhir dari kami,” kata Sukidjo, salah satu pengasuh taruna asal STTD Bekasi.

Trans corp kebanggan STTD itu tampil taktis untuk menyambut kedatangan Menhub Budi Karya Sumadi dan istri untuk memimpin Kementerian Perhubungan. “Ini kehormatan bagi kami keluarga besar STTD untuk tampil dan ikut menyambut kedatangan Menhub yang baru,” tandas Sukidjo lagi.(helmi)