Angkasa Pura 2

Menhub Targetkan Peran Swasta dalam Sektor Transportasi

IMG-20160729-WA027

JAKARTA (beritatrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan peran swasta dalam sektor transportasi. Hal itu dilakukan untuk memberikan atmosfer berbeda pada sarana dan prasarana yang ada.

“Memberdayakan peran swasta untuk pertumbuhan transportasi, namun pelayanan tetap diutamakan,” jelas Menhub di Jakarta, Jumat (29/7/2016).

Menhub juga menyinggung kemandirian operasional terhadap seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) agar menjadi Badan Layanan Umum (BLU).

“Dengan begitu maka akan bisa mengukur efisiensi, karena bila tetap menjadi UPT maka mereka yang kerja tidak mendapat benefit lebih,” tutur Menhub.

Secara umum, Menhub ingin menggelontorkan policy seluas-luasnya dan pengelolaan bekerjasama dengan pihak swasta untuk meningkatkan konektivitas.

Menhub memberi contoh, terkait reaktivasi perkeretaapian di wilayah Jawa Barat. Menurut dia, pemerintah yang akan menyiapkan sarananya dan kemudian melibatkan pihak swasta untuk operasional kereta apinya.

“Didorong agar swasta masuk, bila tidak sanggup nanti baru BUMN. Bila tidak mampu juga, baru menggunakan dana APBN,” ungkap Menhub. (omy)

loading...