Angkasa Pura 2

Menko Luhut Janji Akan Cari Solusi Soal Reklamasi

Kelautan & PerikananSabtu, 30 Juli 2016
IMG-20160728-WA026

JAKARTA (beritatrans.com) – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berjanji akan mencarikan jalan keluar atau solusi terkait reklamasi Pantai Utara Jakarta. Ia mengaku sudah mendapat arahan dari Presiden Joko Widodo terkait hal itu.

Menurutnya, ada15 poin tugas dan arahan Presiden Joko Widodo yang harus diselesaikan dirinya. Salah satunya masalah reklamasi yang dinilainya masih banyak yang harus diselesaikan. Juga arahan soal perbatasan laut Indonesia dengan Malaysia dan Filipina.

Menurut dia, masalah reklamasi pantai harus mendapat perhatian untuk diperbaiki. Harus dicarikan solusinya.

“Kredibilitas dari pemerintah tidak boleh rusak gara-gara kita tidak mematuhi apa yang sudah kita janjikan,” kata Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan itu, di Istana Negara, Jumat kemarin.

Masalah izin reklamasi menjadi perhatian publik setelah adanya perbedaan pendapat antara pemerintah pusat dan daerah. Satu contoh yang paling terlihat di publik adalah perseteruan antara mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Bahkan beda pendapat juga melibatkan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.‎

Luhut mengaku akan bersikap tegas dalam menyelesaikan persoalan reklamasi. “Kalau saya sudah buat apa keputusannya nanti, itu keputusan yang menurut saya keputusan terbaikan,” katanya. (aliy/okz)