Angkasa Pura 2

Dianggap Penyebab Delay, 14 Pilot Lion Air Diberhentikan

KokpitRabu, 3 Agustus 2016
IMG-20160803-WA037

JAKARTA (beritatrans.com) – Dianggap sebagai penyebab terjadinya delay, sebanyak 14 pilot maskapai Lion Air diberhentikan dan diputus kontrak kerjanya.

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait lebih lanjut juga mengatakan bahwa pihaknya tak mengakui keberadaan serikat pilot. Dia menuding mereka adalah sekumpulan oknum pilot yang berusaha menyabotase penerbangan Lion Air.

“Lion Air tidak memiliki asosiasi pilot dan apabila ada yang mengatasnamakan asosiasi pilot Lion Air, maka itu adalah pemalsuan dan penipuan,” ujar Edward di Jakarta, Rabu (3/8/2016).

Edward menambahkan, sekumpulan oknum pilot tersebut memiliki persoalan etika. Mereka itu pilot yang bermasalah, kurang baik dalam pembinaan, sering membantah pimpinan, tidak menjalankan jadwal, dan pada saat ini sedang menjalani pembinaan.

“Saat terjadi sabotase, sekumpulan oknum pilot tersebut telah melanggar kesepakatan kerja. Mereka juga dinilai melakukan pelanggaran berat lantaran menghasut pilot lain yang sedang bertugas serta membocorkan informasi terkait perusahaan. Maka kami memutus kontrak kerja dengan 14 oknum pilot tersebut dan mereka sudah bukan pegawai Lion Air,” urai Edward.

Demi adanya kepastian hukum, Edward mengatakan, telah melaporkan perbuatan para oknum-oknum tersebut ke kepolisian untuk dilakukannya penyelidikan, dan saat ini proses hukum sedang berjalan.

Terkait dengan delay berkepanjangan, Edward mengatakan, sejumlah masalah bisa mengganggu penerbangan sehingga berakibat delay.

Diantaranya cuaca buruk hingga masalah teknis pesawat. Kalau cuaca buruk, pesawat divert yang akan berakibat menjadi baliknya delay. Ada beberapa juga yang mengalami technical akhirnya delay. (omy)