Angkasa Pura 2

Bangun Infrastruktur Pelabuhan, Pelindo III Dapat Pinjaman Bank BUMN Senilai Rp4,5 Triliun

Dermaga Ekonomi & BisnisKamis, 4 Agustus 2016

JAKARTA (Beritatrans.com) – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III memperoleh kredit sindikasi sebesar Rp4,5 triliun dari bank BUMN. Mereka adalah Bank Mandiri, BNI, BRI untuk percepatan pembangunan infrastruktur.

“Dari Rp4,5 triliun, ada Rp3 triliun akan digunakan semua tahun ini,” kata Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus Moedak dalam acara penandatanganan nota kesepahaman antara Pelindo III dan sindikasi tiga bank BUMN tentang penyediaan dan penggunaan layanan jasa perbankan di Jakarta, Rabu (3/8/2016).

Orias mengatakan dari Rp3 triliun yang akan digunakan tahun ini, pihaknya telah menarik Rp1 triliun yang nantinya dana tersebut akan diprioritaskan untuk pembangunan 10 pelabuhan di kawasan Indonesia timur dan pelabuhan sungai di Kalimantan.

Sedang Rp2 triliun berikutnya akan digunakan untuk pembelian alat-alat dan penguatan dermaga terutama dari sisi kargo di 43 pelabuhan tanggung jawab Pelindo III.

“Yang awal adalah untuk pemenuhan minimun requirement pelabuhan. Dari 43 pelabuhan, pembangunan yang dimulai segera adalah di 10 pelabuhan. Dan kami juga rapikan pemisahan antara pelabuhan kargo dan pelabuhan orang, terutama di pelabuhan-pelabuhan kecil, supaya ke depannya lebih nyaman,” kata Orias.

Pelabuhan prioritas pembangunan Pelindo III tahun ini antara lain pelabuhan di Maumere, Tenau, Waingapu, Kalabahi, Ippi (NTT), Sampit, Kumai (Kalimantan Tengah), Batulicin (Kalimantan Selatan), dan Badas (NTB).

Seperti dikutip antaranews, Orias juga mengungkapkan Pelindo III membutuhkan dana Rp9 hingga 11 triliun untuk meningkatkan kualitas kepelabuhan dalam lima tahun mendatang.

Selain dari pinjaman, Orias memproyeksikan sumber dana dari obligasi dan amnesti pajak untuk memenuhi kebutuhan pembangunan kepelabuhan untuk lima tahun tersebut.(helmi/ant)

loading...