Angkasa Pura 2

Enam Penerbangan Tujuan Ternate Dibatalkan Karena Erupsi Gunung Gamalama

Bandara KokpitJumat, 5 Agustus 2016
Gynung Gamalama

MAKASSAR (Beritatrans.com)- Management Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin mengakui keterlambatan penerbangan tersebut diakibatkan debu vulkanik Gunung Gamalama mengganggu arus penerbangan Makassar-Ternate.

Sedikitnya Enam penerbangan selama hari Kamis terpaksa dibatalkan karena terdampak abu vulkanik erupsi Gunung Gamalama tersebut.

“Karena alasan alam, sebenarnya maskapai tidak memiliki kewajiban untuk memberikan kompensasi, maskapai juga tidak punya kewajiban. Demi pelayanan kami tetap membagikan snack bagi penumpang,” kata salah satu pejabat humas Bandara Hasanuddin, Kamis (4/8/2016) petang.

Ada enam penerbangan yang membatalkan penerbangan dari Makassar menuju Ternate, Ternate-Makassar yakni Sriwijaya dan Batik Air. Namun satu pesawat Sriwijaya dengan nomor penerbangan SJY 598 STD akhirnya tetap diberangkatkan.

Sedangkan lima penerbangan lainnya yakni Sriwijaya dengan nomor penerbangan SJY 556 STA, pukul 17.00 waktu setempat memuat penumpang 126 orang, kemudian SJY 557 STA pukul 08.45 waktu setempat dan Batik Air dengan nomor penerbangan Batik 6192 STA saat ini datanya direkap. Tiga penerbangan tersebut dari Ternate menuju Makassar.

Seperti dikutip antaranews, pesawat Sriwijaya dari Makassar-Ternate dengan nomor penerbangan SJY 556 STD 09.30 WITA dibatalkan dan menunggu alternatif penerbangan selanjutnya.

Sementara pesawat Batik 6192 STD 09.50 WITA juga dibatalkan dan rencananya akan dialihkan ke penerbangan lain dan pihak maskapai tersebut menutup penerbangannya ke Ternate hingga Jumat 5 Agustus 2016 hingga pukul 10.00 WITA.

Pihak bandara Ternate, kata Turah, menutup bandara setempat mulai hari ini hingga hingga Jumat besok hingga pukul 10.00 waktu setempat menunggu perubahan kondisi cuaca di kota setempat.(helmi/ant)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari